Pemanfaatan Dana Kampung Diminta Akomodir PKK

0
3
Suasana Pemandangan di Kampung Tobati. (Elsye Sanyi)
Ilustrasi Kampung Talasupa. (Istimewa)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Provinsi Papua mengimbau agar penggunaan maupun pemanfaatan dana desa, dapat mengakomodir kegiatan gerakan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Papua,  Donatus Motte, hal itu bukan tanpa alasan. Sebab PKK mempunyai kegiatan yang rutin hingga sampai ke kampung-kampung.

“Oleh karena itu, pemerintahan kampung diharapakan menyisikan anggaran dari dana desa maupun dana prospek untuk kegiatan PKK”.

“Makanya, kami minta kepala kampung bisa akomodir kegiatan-kegiatan PKK,” terang Donatus Mote kepada wartawan di sela-sela Jambore Kader PKK Tingkat Provinsi Papua 2017, di Jayapura, Selasa (26/9) kemarin.

Dia menambahkan, pemanfaatan anggaran kampung untuk mendukung pemberdayaan masyarakat melalui gerakan PKK, sudah semestinya dimasukan dalam perencanaan pendapatan dan belanja kampung

Sebab empat program yang dibiayai oleh dana desa, yakni kelembagaan masyarakat, dimana PKK juga termasuk dalam program itu. “Sehingga mereka harus mendapat olokasi dana desa. Makanya, ini perlu dipahami semua Kepala Kampung”.

Sementara Tim Penggerak PKK Provinsi Papua menggelar saat Jambore Kader yang diikuti 29 Kabupaten/Kota se Papua, menyambut positif usulan itu.

Ilustrasi Suasana Pemandangan di Kampung Tobati. (Elsye Sanyi)

Sebab menurut dia, PKK merupakan mitra kerja pemerintah yang berfungsi sebagai penyuluh, motivator dan penggerak masyarakat. Dilain pihak, PKK juga melaksanakan fungsi sebagai fasilisator, perencana, pelaksana, pengendali, pembina dan pembimbing.

“Oleh karena itu, Jambore kader PKK ini sangat penting untuk terus dilaksanakan karena sebagai wadah pertemuan para kader. Juga ajang saling berbagai pengalaman dan pengetahuan,” kata dia.

Ia berharap melalui kegiatan Jambore kader PKK ini,  dapat menemukan kader-kader terbaik dan berprestasi untuk dapat melakukan gerakan PKK di berbagai tingkatan wilayah kerja masing-masing. Supaya dapat mewakili Papua dalam mengikuti Jambore Tingkat Nasional yang akan datang.

“Termasuk membantu pemerintah mewujudkan pembangunan di kampung-kampung,” tutupnya. (Erwin  /Koran Harian Pagi Papua)