Peran Internet Kampung Wujudkan e – Government di Bumi Kenambay Umbay

0
5
Suasana
Suasana

SENTANI (LINTAS PAPUA) – Kabupaten Jayapura merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Papua yang telah menyampaikan komitmennya untuk menjadikan Bumi Kenambay Umbay sebagai kabupaten digital dalam rangka menciptakan e-Governement dalam tata kelola pemerintahan.

Komitmen itu yang mendorong semua pihak berkompeten, terutama Dinas Komunikasi Informatika  (Kominfo) Kabupaten Jayapura sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau instansi teknis yang langsung menindaklanjutinya dengan sejumlah program.
Dari sekian program yang dimiliki oleh Dinas Kominfo, yaitu menyambung jaringan internet di setiap kampung. Program ini telah berjalan hampir setahun dan banyak memberikan manfaat bagi pemerintahan kampung dalam mengakses informasi.
Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Ir. Sambodo Samiyana, M.Si menerangkan, bahwa pihaknya bersama dengan sejumlah distrik dan kampung telah berkomintemn untuk mendukung, sekaligus melaksanakan program Kabupaten Jayapura menuju Kabupaten Digital.
Kepala Dinas Infokom bersama Stafnya Gustaf Griapon serta Guru dan Siswa SMK 1 Sentani dan Relawan TIK Papua, guna mendukung program kampung berbasis Informasi dan Teknologi. (LintasPapua.com)

“Kami sudah memasang internet di beberapa kampung dan sampai saat ini kampung-kampung tersebut telah menikmati kemudahan mengakses informasi lewat internet kampung,” ujar Sambodo Samiyana, ketika ditemui diruangkan kerjanya, Senin (25/9) kemarin.

Dikatakan, pihaknya tidak hanya menyiapkan atau membangun fasilitas internet saja lalu meninggalkan tetapi sejumlah petugas yang tergabung dalam relawan tik di berikan tugas mendampingi warga atau aparat kampung cara menggunakan internet.
“Artinya kami bekerja menuju Kabupaten digital bukan saja menyiapkan fasilitas bersifat proyek tetapi kami mendampingi sekaligus mengajari warga tentang cara menggunakan internet untuk kebutuhan informasi di kampung,” ungkapnya.
“Jadi, hingga dengan saat ini animo masyarakat di kampung untuk menggunakan akses internet sangat tinggi dan banyak kampung yang telah meminta kepada kami di Dinas Kominfo untuk memasang. Namun tidak bisa langsung disanggupi, karena semua permintaan itu akan kami layani secara bertahap,” tambahnya. (Irf / Koran Harian Pagi Papua)