Pemprov Dukung Percepat Pelantikan Anggota MRP Jilid III

0
78
Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Heri Dosinaen S.IP M.KP,,saat membawakan sambutan. (Erwin)
Kantor Majelis Rakyat Papua di Kotaraja (Eveerth Joumilena / Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA  (LINTAS  PAPUA) – Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen mengaku sepaham dengan lembaga legislatif yang ingin mempercepat pelantikan Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP).

Ia menilai pelantikan Anggota MRP tak boleh berlarut-larut sebab, lembaga ini akan ikut menseleksi para calon Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yang tahapannya mulai bergulir pada tahun ini.

“Makanya, kita akan dorong sesegera mungkin dilantik karena ketiadaan MRP dikhawatirkan bisa menghambat pelaksanaan Pilkada Gubernur di Papua,” terang Sekda di Jayapura, kemarin, menyikapi pertanyaan Wakil Ketua Badan Pembentukan Perdasi dan Perdasus (BP3) DPR Papua, Ruben Magai.

Menurut Hery, Pemprov Papua sangat ingin mempercepat proses pelantikan Anggota MRP, sehingga dalam waktu dekat bakal mengundang Departemen Dalam Negeri (Depdagri) ke Bumi Cenderawasih guna melakukan pembahasan lebih lanjut.

“Namun satu hal yang pasti bahwa pelantikan anggota MRP jilid III, saat ini masih dalam verifikasi data di Kementerian Dalam Negeri,” katanya.

 

“Yang pasti kita mendorong supaya lebih cepat dilantik. Makanya semua pihak kita minta bersabar, sebab sekali lagi ada tahapan-tahapan yang mesti dilewati. Kita harap tahapan itu bisa segera rampung, sehingga Anggota MRP ini bisa segera dilantik,” ucap dia.

Sama halnya untuk pelantikan 14 anggota dewan perwakilan rakyat (DPR) Papua dari jalur otonomi khusus (Otsus).

Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Heri Dosinaen S.IP M.KP,,saat membawakan sambutan. (Erwin)

Sekda mengatakan dia meminta kesabaran dari semua pihak terkait, sebab prosesnya masih menunggu keputusan dari DPR Papua.

“Yang pasti adalah surat keputusan (SK) untuk pelantikan sudah diserahkan ke DPRP. Tapi lagi-lagi kita masih menunggu (DPRP),” terangnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Badan Pembentukan Perdasi dan Perdasus (BP3) DPR Papua, Ruben Magai mempertanyaan pelaksanaan pelantkan Anggota MRP. Apalagi, hingga kini belum ada tanda-tanda pelantikan tersebut. Padahal, sudah hampir setahun MRP mengalami kekosongan.

Ia juga meminta Pemprov mempercepat pelantikan Anggota DPR Papua dari jalut 14 kursi. (Win /Koran Harian Pagi Papua)