Pemda Yahukimo Terjunkan Satgas Bantu Awasi Dana Desa

0
16
Ilustrasi, Kegiatan Penyaluran Dana Studi Bagi Mahasiswa Yahukimo Yang Ada di Kota Pelajar Kabupaten Jayawijaya Oleh Ketua Koordinator Mahasiswa Yahukimo. (Ema)
Bupati Abock Busup, saat bersama masyarakat. (Istimewa)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Guna mengawal pelaksanaan dana desa di Kabupaten Yahukimo, pemerintah daerah setempat telah menerjunkan Satuan Tugas (Satgas) yang diberi nama Yahukimo Bangkit, pada masing-masing distrik, yakni 51 Distrik yang tersebar di kabupaten ini.

“Mereka juga akan membantu para tenaga pendamping dari provinsi,yang sebelumnya ditempatkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK),” terang Bupati Yahukimo, Abock Busup,  kepada pers di Jayapura, Senin (25/9/2017) kemarin.

 

Uniknya, Satgas yang dibentuk ini terdiri dari putra asli kabupaten setempat dan direkrut dari setiap distrik.

Sementara pada setiap distrik, nantinyabakal ditempatkan lima orang pendamping dari Satgas, guna menunjang pelaksanaan dana desa di tiap kampung.

“Yang pasti kehadiran Satgas ini untuk membantu tim pengawas dari provinsi didalam melakukan pengawasan terhadap penyaluran dana kampung,” katanya.

Ilustrasi, Kegiatan Penyaluran Dana Studi Bagi Mahasiswa Yahukimo Yang Ada di Kota Pelajar Kabupaten Jayawijaya Oleh Ketua Koordinator Mahasiswa Yahukimo. (Ema)

Dia berharap keberadaan Satgas mampu meminimalisir penyalahgunaan keuangan oleh kepala kampung. Dirinya pun tak segan-segan untuk memproses hukum mereka yang salah menggunakan dana milik rakyat tersebut.

“Sebab kita sangat tegas. Karena baru-baru ini saja kami sudah mendapat laporan ada kepala kampung yang bawa lari uang dana desa untuk berfoya-foya di Jakarta dan Jayapura”.

“Namun, kita masih menunggu lapora resmi dari BPMK dulu seperti apa. Sehingga kalau memang ada kecurangan, kita segera proses hukum kepala kampung biar ada efek jera,” kata dia.

Sekedar diketahui, Kabupaten Yahukimo mendapat penganggaran dana desa untuk 510 kampung dari total 517 yang ada di Kabupaten Yahukimo.

Dana desa di Kabupaten Yahukimo, lebih diperuntukkan untuk program air bersih, pendidikan, pembangunan padat karya, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat kampung. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)