Kemiskinan di Papua Capai 28,02 Persen, SKPD Kam Kerja Apa ???

0
39
Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Heri Dosinaen S.IP M.KP,,saat membawakan sambutan. (Erwin)
Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Heri Dosinaen S.IP M.KP,,saat membawakan sambutan. (Erwin)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Pemerintah Provisi Papua menyambut positif pertumbuhan ekonomi Bumi Cenderawasih tahun ini yang mencapai 9,20 persen atau lebih tinggi dibanding nasional, sekitar 5 persen lebih, akan tetapi Kalau pada 2001 kemiskinan Papua mencapai 41,02 persen, sementara di 2016 kemiskinan kita sudah mencapai 28,02 persen.

Meski demikian, catatan positif itu tak membuat Sekda Papua Hery Dosinaen banggsa. Ia justeru meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk kerja keras meningkatkan ekonomi daerah.

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab pertumbuhan ekonomi Papua didongkrak oleh tambang.

“Artinya ketika bidang pertambangan ini dihilangkan mungkin pertumbuhan ekonomi Papua menjadi dibawah nasional”.

“Nah sektor lain inilah ada di bapak dan ibu SKPD sekalian. Apalagi untuk instansi pertanian dan peternakan yang berkorelasi erat dengan ekonomi. Untuk itu, saya minta hal ini diseriusi untuk kemajuan di daerah ini,” kata Sekda Papua Hery Dosinaen di Jayapura, kemarin.

Ilustrasi Situasi Transaksi Jual Beli di Lokasi Pasar Mama – Mama Papua di Jalan Percetakan Kota Jayapura. (ksp.go.id)

 

Hery pun menyoroti tingkat kemiskinan di Papua yang masih sangat tinggi. Meski sejak bergulir Otsus pada 2001, kemiskinan Papua mulai mengalami penurunan.

 

 

“Kalau pada 2001 kemiskinan Papua mencapai 41,02 persen, sementara di 2016 kemiskinan kita sudah mencapai 28,02 persen. Ini menunjukan satu hal luar biasa, tapi dibanding daerah lain kita Papua masih miskin. Ini sangat ironis sehingga perlu mendapat perhatian kita,” jelas dia.

 

Dirinya pun menyebut,  masalah tingkat kesenjangan pada semua strata kehidupan yang sampai saat ini masih jauh dari harapan.

“Makanya, saya minta SKPD terkait mesti membuat satu program yang bisa mengangkat ekonomi Papua. Saya harap ini jadi catatan penting bagi kita semua, sehingga Provinsi

Kenyam, Ibu Kota Kabupaten Nduga, dilihat dari ketinggian pesawat Daerah ini juga membutuhkan keseriusan Pemerintah Daerah memajukan dan mensejahterakan masyarakat.. (Eveeerth Joumilena /LintasPapua.com)

Papua kedepan bisa sejajar dengan daerah lainnya di Indonesia,” jelasnya.

 

Pada kesempatan itu, Sekda berharap, agar pertumbuhan ekonomi di Papua pun, terlaksana secara merata mulai dari wilayah perkotaan hingga ke perkampungan.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau, kepala daerah dan seluruh pemangku kepentingan turut menunjang program pertumbuhan ekonomi di masing-masing wilayahnya. (win / Koran Harian Pagi Papua)