ASN Kepulauan Yapen dan Yahukimo Ikut Diklat Kepemimpinan

0
9
Peserta Diklat Kepemimpinan tingkat IV angkatan X di Lingkungan Kabupaten Kepulauan Yapen dan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan X di lingkungan. (Erwin)
Peserta Diklat Kepemimpinan tingkat IV angkatan X di Lingkungan Kabupaten Kepulauan Yapen dan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan X di lingkungan. (Erwin)

JAYAPURA  (LINTAS PAPUA)  – Pemerintah Provinsi Papua menilai manajemen kepegawaian pejabat struktural eselon IV memiliki peranan yang sangat menentukan dalam menjabarkan visi misi instansi.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH.,  dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Badan Pengembangan SDM Papua, Zakarias Giay pada Diklat Kepemimpinan tingkat IV angkatan X di Lingkungan Kabupaten Kepulauan Yapen dan Diklat Kepemimpinan Tingkat IV angkatan X di lingkungan Pemerintah Kabupaten Yahukimo, kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Papua, Jumat (22/9/2017) di Jayapura.

Oleh karenanya, dia menilai positif kegiatan pelatihan kepada Pejabat Eselon IV, yang diharapkan kedepan menjadi pilar perubahan di instansi masing-masing, usai mengikuti pelatihan.

“Makanya saya nilai keberaan pejabat eselon IV memegang peranan penting bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan”.

“Sebab mereka sebagai abdi negara berhubungan langsung dengan masyarakat.Makanya, sangat penting pelatihan ini supaya tercipta sumber daya manusia yang berkualitas serta memiliki kompetensi dan komitmen tinggi dalam melayani masyarakat,”ucap dia.

Dia menambahkan, agenda pembelajaran diklat kepemimpinan dirancang untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan birokrasi di sektor publik, terutama dalam menyumbang inovasi maupun perubahan di instansinya masing-masing.

“Karenanya, saya harap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik. Sebab semuanya ini mengarah kepada terpenuhinya rasa kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang kita sebagai apataur negara berikan itu,” jelasnya.

Ilustrasi ASN di lingkungan Pemprov Papua saat mengikuti apel gabungan di Halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura, Senin pagi. (Erwin)

Dia menambahkan, diklat tersebut sebagai upaya mempersiapkan para pejabat birokrasi dalam hal ini eselon IV, menjadi kader untuk tingkatan yang lebih tinggi. Karena itu, diharapkan ilmu yang diterima dapat diaplikasikan dengan baik dan diteruskan kepada bawahan di masing-masing tempat tugas.

Sementara itu, Bupati Yahukimo, Abock Busup yang hadir pada kesempatan itu mendampingi pejabat eselon IV di wilayahnya, mengharapkan,  agar peserta yang mengikuti diklat kedepan mampu menjadi pilar perubahan di kabupaten tersebut.

Ia berpesan agar semua peserta diklat dari Kabupaten Yahukimo dapat menunjukan perilaku yang baik. “Jangan sampai ada yang mabuk-mabukan. Saya harap Asn Yahukimo bisa menjadi contoh yang baik bagi yang lainnya,” tandasnya. .(Erwin / Koran Harian Pagi Papua)