John Wempi Wetipo Jalani Fit dan Proper Test di PKPI

105
John Wemppi Wetipo (JWW) berpose bersama pengurus PKPI usai jalani Fit dan Proper test (ISTIMEWA)

John Wemppi Wetipo (JWW) berpose bersama pengurus PKPI usai jalani Fit dan Proper test (ISTIMEWA)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Bakal calon gubernur Papua, John Wempi Wetipo, SH, MH., kembali menjalani fit and proper test di Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) di hotel Treva International Jakarta, Rabu (20/9/2017) kemarin.

Fit and Proper Test yang di kemas dalam bentuk dialog terbuka itu di hadiri oleh pengurus DPP dan DPD PKPI, juga melibatkan penguji dari unsur akademisi dari Universitas Cenderawasih (Uncen) dan lembaga independent Komnas HAM Papua.

Kepada wartawan melalui telepon Paul Wetipo, selaku pembina relawan JWW menuturkan, dialog terbuka yang di jadwalkan berlangsung tiga jam menjadi lima jam diskusi.

“Di jadwal diskusi cuma tiga jam, tapi karena asik dan serius, diskusi menjadi lima jam,” tutur Paul.

Lanjut Paul, dalam sesi diskusi tersebut, penguji dari akademisi, Komnas HAM dan pengurus partai banyak bertanya tentang visi misi JWW yang menurut mereka sangat baik dan jika di jalankan Papua akan maju dengang pesat.

“Para penguji, banyak berdiskusi dangan Pak JWW terkait visi misi dengan konsep pembangunan Papua berbasis wilayah adat yang menurut mereka sangat baik,” kata Paul.

John Wempi Wetipo,
saat diwawancara. (istimewa)

Konsep pembangunan berbasis wilayah adat atau claster pembangunan menjadi topik serius, karena para panelis ingat dan tahu alasan JWW gunakan konsep itu bagaimana menjalankan konsep tersebut.

Panelis ingin mengetaui bagimana JWW menterjemahkan konsep lima claster pembangunan dengan otonomi khusus yang sudah berjalan dimana ada sektor ungulan yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi rakyat dan infrastruktur.

“Dari hasil diskusi penalis berpendapat, bahwa visi misi JWW sangat memahami visi misinya dan diharapkan jika terpilih JWW bisa menjalakan visi misi tersebut.

Sekedar diKetaui bahwa dari beberapa calon Gubernur yang mendaftar di PKPI JWW adalah calon pertama yang menjadi Fit and Proper test yang dilakukan oleh pengurus PKPI. (*)