Friday, 24 Nov 2017
Kesehatan

70 Persen ASN Dinas Kesehatan Terlambat Masuk Kantor

Suasana pertemuan Walikota dan wakil wali kota dengaan Dinas Kesehatan dan 13 kepala Puskesmas di Kantor Wali Kota, sebelumnya. (Eveerth /LintasPapua.com)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Inspeksi mendadak (Sidak) Wakil Walikota Jayapura, Ir . H. Rustan Saru, MM mendapati hingga pukul 09.00 WIT sejumlah ASN Dinas Kesehatan terlambat masuk kantor.

“Dari empat instansi yakni Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, Dinas Kominfo, dan Badan Kesbangpol. Dinas kesehatan yang paling memperihatinkan, 70 % ASN terlambat masuk kantor,” katanya dalam sidak di Dinas Kesehatan, Gedung Otonom, Kantor Wali Kota Jayapura, Selasa 19 September 2017.

Wakil Wali Kota sangat menyayangkan ketidakdisiplinan ASN di lingkungan pemerintah Kota Jayapura ini. Hal tersebut menjadi kontradiksi dalam menerjemahkan instruksi Wali Kota untuk meningkatkan kedisiplinan ASN dan profesionalitas kerja.

Pihaknya akan terus melakukan pembinaan dan pressure yang dirasa wajar jika masih mendapati kejadian serupa.

“Sidak di dinas kesehatan rencananya untuk mengadakan pertemuan perihal beredarnya pil Paracetamol Caffeine Carisoprodol (PCC) bersama Dinas Pendidikan dan Balai POM, melakukan sidak di apotek, distributor obat, dan swalayan yang menjual obat-obatan, jangan sampai peredarannya sudah meluas,” katanya,

Baca Juga :  Pentingnya Pemeriksaan Kespro bagi Perempuan

Sanksi akan diberikan bagi ASN yang dalam satu tahun memiliki kalkulasi ketidakdisiplinan kehadiran sebanyak 46 hari yaitu pemberhentian atau pemecatan. Evaluasi absensi giat dilakukan tiga bulan sekali demi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia ASN Pemerintah Kota Jayapura. Hal tersebut berlaku juga bagi tenaga honor, jika didapati tidak disiplin akan diberikan sanksi tegas pemecatan.

Sementara itu, bagi dinas lainnya, Wakil Wali Kota memeriksa perkembangan program di Dinas Komukasi dan Informatika perihal menara telekomunikasi yang mengalami gangguan teknis dan perizinan. Kemudian, Dinas Pertanian yang diminta melakukan riset kebutuhan masyarakat di Kota Jayapura dan mengembangkan lahan pertanian. (Humas Setda Pemerintah Kota Jayapura)