Pemprov Papua Imbau Warga Manfaatkan Pembayaran Pajak Online

0
2

Sekda Papua, Hery Dosinaen. (Erwin)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Provinsi Papua mengimbau warga di bumi Cenderawasih, untuk memanfaatkan pembajaran pajak secara online yang telah diluncurkan sejak beberapa waktu lalu.

Menurut Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen, pembayaran pajak secara online, baik untuk kendaraan bermotor maupun lainnya, diluncurkan untuk memberi kemudahan kepada masyarakat. Dilain pihak, untuk menjemput setoran pajak bagi warga yang memiliki kesibukan tinggi.

“Sehingga akan sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan aplikasi itu. Sebab kehadiran aplikasi itu bertujuan untuk memberi kemudahan bagi wajib pajak. Supaya selain taat membayar pajak, hasil pembayarannya digunakan untuk menopang pembangunan diatas tanah ini,” ucap dia, di Jayapura, kemarin.

Selain pembayaran pajak secara online, Pemprov Papua telah meluncurkan pelayanan perijinan satu atap guna memberi kemudahan kepada masyarakat maupun investor dalam pengurusan ijin usaha maupun lainnya.

“Memang butuh waktu dan sosialisasi untuk supaya bisa masyarakat dan pengusaha mengakses sejumlah kebijakan dari pemerintah provinsi ini. Sebab kondisi masyarakat saat ini yang sangat berbeda,” katanya.

“Ada yang tingkat ekonomi dan pemahaman tinggi dan sebaliknya. Tapi memang butuh komitmen pemda untuk bagaimana aplikasikan ini dengan baik. Sehingga masyarakat bisa menerima dan mampu memaksimalkan pemanfaatan aplikasi online maupun perijinan satu atap tersebut,” terangnya.

Sementara secara internal pemerintahan, lanjut dia, pemerintah provinsi baru-baru ini meluncurkan e-Musrenbang (elektronik-Musyawarah Rencana Pembangunan.)

Kehadiran e-Musrenbang, diharapkan membantu staf untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih di Provinsi Papua.
“Sehingga nanti seluruh SKPD dalam menyiapkan perencanaan program kerja 2017, lebih mudah dan terbantu. Dalam artian perencanaannya bisa disiapkan sejak dini, supaya ketika pelaksanaan Musrenbang, tinggal memprasentasekan saja,” katanya. (Erwin / Koran Harian Pagi Papua)