Presiden Jokowi Terima Surat Kepercayaan Sembilan Duta Besar Negara Sahabat

JAKARTA (LINTAS PAPUA) – Presiden Joko Widodo menerima surat kepercayaan dari sembilan duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBPP) dari negara sahabat baik yang berkedudukan di dalam _(designate resident)_ maupun luar Indonesia _(designate non resident)_ pada Selasa, 12 September 2017. Penyerahan surat kepercayaan tersebut digelar di ruang kredensial, Istana Merdeka, Jakarta, sekira pukul 10.00 WIB.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 8 orang di antaranya berkedudukan di Jakarta, sementara 1 orang lainnya berkedudukan di luar Indonesia. Penyerahan surat kepercayaan tersebut menandai dimulainya penugasan resmi dari para duta besar tersebut di Indonesia. Adapun kesembilan duta besar negara sahabat yang diterima Presiden Joko Widodo pagi ini ialah:

1. Julio Arturo Cardenas, Duta Besar LBBP _Designate Resident_ Republik Peru untuk Republik Indonesia;
2. Hor Nambora, Duta Besar LBBP _Designate Resident_ Kerajaan Kamboja untuk Republik Indonesia;
3. Ei Ei Khin Aye, Duta Besar LBBP _Designate Resident_ Republik Uni Myanmar untuk Republik Indonesia;
4. Elsiddieg Abdulaziz Abdalla, Duta Besar LBBP _Designate Resident_ Republik Sudan untuk Republik Indonesia;
5. Hakeem Balogun, Duta Besar LBBP _Designate Resident_ Republik Federal Nigeria untuk Republik Indonesia;
6. Vegard Kaale, Duta Besar LBBP _Designate Resident_ Kerajaan Norwegia untuk Republik Indonesia;
7. Rasmus Abildgaard Kristensen, Duta Besar LBBP _Designate Resident_ Kerajaan Denmark untuk Republik Indonesia;
8. Pradeep Kumar Rawat, Duta Besar LBBP _Designate Resident_ Republik India untuk Republik Indonesia;
9. Ramadhani Kitwana Dau, Duta Besar LBBP _Designate Non Resident_ Republik Persatuan Tanzania untuk Republik Indonesia, berkedudukan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca Juga :  Tahun Depan Pemerintah Targetkan Pembangunan 300 Jembatan Gantung

Penyerahan surat kepercayaan duta besar negara sahabat tersebut dimulai dengan prosesi kedatangan di halaman depan Istana Merdeka. Prosesi kedatangan dipimpin langsung oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan membawa bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan sembilan negara sahabat secara bergantian. Usai prosesi, secara bertahap para duta besar menuju ruang tunggu Istana Merdeka guna mengisi buku tamu sebelum menuju ruang kredensial untuk menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo.

Setelahnya, para duta besar langsung diarahkan menuju ruang resepsi guna beramah-tamah sebelum secara bergiliran berbincang sejenak dengan Presiden Joko Widodo di teras belakang Istana Merdeka. Kurang lebih sekira tiga sampai lima menit Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk berbincang dengan masing-masing duta besar tersebut.

Dalam acara penyerahan surat-surat kepercayaan duta besar negara sahabat kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (*)