Menpora Meninjau Fasilitas dan Akomodasi Atlet ASEAN Paragames

“Jadilah yang terbaik! Berjuang jadi yang terbaik. Kalian adalah bukti: disability does not mean inability,”
Imam Nahrawi

JAKARTA (LINTAS PAPUA) – Setelah mengukuhkan secara resmi Kontingen ASEAN Paragames 2017, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, melakukan sejumlah aktivitas lanjutan mulai dari makan bersama, meninjau kamar dan tempat latihan atlet yang digunakan selama melakukan pemusatan latihan di Solo dan tak ketinggalan melakukan swa foto dengan para atlet, pelatih dan seluruh kontingen.

“Saya ingin memastikan seluruh informasi yang beberapa waktu yang lalu ramai diberitakan di media terkait keterlambatan akomodasi atlet sudah diselesaikan dengan baik. Tidak ada niat untuk menahan apa yang menjadi hak dan kebutuhan atlet. Terlebih mereka berjuang untuk nama bangsa,” tegas Menpora Imam Nahrawi.

Pada saat acara makan bersama kontingen ini, Imam terlihat melayani sejumlah atlet dengan mengambilkan sejumlah menu makanan yang dihidangkan. “Ayo sini, biar saya bantu ambilkan makanannya, makan yang banyak, nutrisinya juga harus lengkap biar terus semangat dan _gak_ lemas latihannya,” canda Imam kepada atlet yang disambut dengan senyum para atlet yang senang karena dilayani langsung oleh Menpora.

Dalam acara ini, Imam menegaskan kembali komitmen yang pernah disampaikannya untuk mengawal langsung kebutuhan atlet Indonesia, “Tidak ada perbedaan perlakuan antara atlet difabel atau bukan, Saya berusaha sekuat tenaga mendorong semua unit terkait yang ada di Kemenpora untuk segera menyelesaikan kebutuhan berupa honor, uang saku, akomodasi, kebutuhan vitamin, serta peralatan latihan dan tanding yang diperlukan. Segala proses yang membuat lama telah dilakukan percepatan, Saya tidak ingin persoalan yang sama terus berulang-ulang’’ tegasnya.

Baca Juga :  Saat Presiden dan Ibu Negara Berjoget Maumere Bersama Guru PAUD

Selain itu menurut Imam, ada kabar yang juga menggembirakan yang disampaikan kepadanya terkait fasilitas transportasi kontingen ASEAN Paragames 2017 yang dijamin oleh Garuda Indonesia, “Saya senang sekali tadi saat diberitahu oleh pihak penerbangan bahwa seluruh kontingen akan menggunakan pesawat khusus yang disediakan oleh Garuda Indonesia,” ujarnya.

Selepas acara makan bersama, Menpora yang didampingi oleh Presiden NPC, Senny Marbun, _Chef de Mission_, Bayu Rahardian, Plt Deputi 4 Peningkatan Prestasi Olahraga, Yuni Poerwanti, dan Pejabat Pembuat Komitmen di Kemenpora, langsung bergerak meninjau kamar yang digunakan oleh para atlet untuk melihat langsung kondisi kamar hotel yang digunakan.

Tak lupa Menpora menyampaikan salam hangat dari Presiden Joko Widodo kepada seluruh atlet dan ofisial yang akan berlaga di ASEAN Paragames Kuala Lumpur.

“Presiden Joko Widodo mewanti wanti kepada saya untuk memastikan semua tersedia dengan baik dan sempurna pendukung atlet ASEAN Paragames termasuk bonus yang wajib sama dengan atlet SEA Games sebagai bentuk perhatian dan dukungan penuh pemerintah,” ucap Menpora.

Sementara itu terkait target di ASEAN Paragames 2017 ini, Imam optimistis Indonesia bisa meraih kembali gelar juara umum dan menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara, “Terkait target kami ingin juara satu, karena ini adalah hasil dari proses panjang pelatnas sehingga kita tidak berekspektasi lebih dari itu. Peluang yang ada di depan mata harus dimanfaatkan dengan baik sehingga sebisa mungkin kita meraih juara umum,’’ ucapnya lagi.

Menteri asal Bangkalan ini juga menegaskan, ASEAN Paragames menjadi sasaran antara dan pintu masuk untuk menuju Asian Paragames 2018 Jakarta-Palembang.

Baca Juga :  Hasil Survei Pemerintah Baik, Presiden Pastikan Pemerintah Terus Bekerja Keras

“Jadi ini adalah sasaran antara bukan akhir, apapun hasil di ASEAN Paragames di Kuala Lumpur bukan akhir di prestasi kita melainkan sasaran menuju sukses Asian Paragames 2018, selepas ASEAN Paragames maka NPC saya minta untuk terus berlanjut pelatnasnya untuk Asian Paragames,” tutup Imam.

Sebelum melanjutkan perjalanan dari Solo menuju semarang, Lokasi tempat acara pembukaan Pekan olahraga pelajar Nasional 2017. Menpora juga menyempatkan bermain tenis meja dengan Ajang Zainal Abidin. Lelaki yang akrab disapa Kang Zainal adalah atlet tenis meja di ASEAN Paragames 2017 ini “Luar Biasa Kang Zainal ini, Kakinya hanya sampai dengkul tapi prestasinya melampaui keterbatasannya” ujarnya.

ASEAN Paragames ke-9 Kuala Lumpur akan dilaksanakan pada tanggal 17 hingga 23 September 2017, kontingen Indonesia sendiri terdiri dari 196 atlet, 53 pelatih dan 19 pendamping. Kontingen Indonesia mengikuti 11 cabang olahraga (atletik, angkat berat, bulu tangkis, catur, goalball, sepak bola Cerebral Palsy (CP), panahan, tenis meja, renang, tenpin bowling dan voli duduk). (*)