Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT Resmi Dilantik Menristekdikti Jadi Rektor Uncen

0
31
Rektor Universitas Cenderawasih, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT, saat pelantikan di Jakarta. (Istimewa)

Rektor Universitas Cenderawasih, Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT, saat pelantikan di Jakarta. (Istimewa)
*Perguruan Tinggi, Motor Penggerak Kemajuan Daerah

JAKARTA (LINTAS PAPUA) – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir , resmi melantik Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT. sebagai Rektor Universitas Cenderawasih, bersama dengan empat Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Auditorium Lantai 2 Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Kamis (14/9/2017)

Adapun empat pimpinan PTN yang dilantik antara lain

1. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT. sebagai Rektor Universitas Cenderawasih,

2. Dr. Bachtiar Akob, M.Pd sebagai Rektor Universitas Samudera,

3. Dr. Hj. Mufrida Zein, S.Ag., M.Pd. sebagai Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, serta

4. Dr. Arman Jaya, ST., MT. sebagai Direktur Politeknik Negeri Madura.

Keempatnya akan menduduki jabatan tersebut untuk masa periode 2017-2021.

Kebahagiaan foto Bersama Pimpinan Mahasiswa usai pelantikan. (Istimewa)

Bertindak sebagai saksi adalah Prof Ainun Na’im, Sekretaris Jenderal dan Prof Intan Ahmad, Direktur Jenderal Belmawa, Kemristekdikti.

Dalam sambutannya, Menristekdikti, Mohamad Nasir mengatakan, bahwa perkembangan teknologi kini berkembang sangat pesat sehingga kita harus mengantisipasi adanya perubahan yang mengikutinya.

Dalam hal pengelolaan Perguruan Tinggi, kerja keras bersama sangat dibutuhkan agar dapat mencapai perguruan tinggi yang didambakan oleh masyarakat.

Menurut hasil survey ‘Centre for Strategic and International Studies (CSIS)’, tingkat kepuasan publik atas kinerja Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam tiga tahun terakhir, mengalami peningkatan.

Bersama Keluarga saat foto bersama. (istimewa)

Paralel dengan hal tersebut, Menristekdikti Nasir mengucapkan terima kasih atas kinerja seluruh elemen di Kemenristekdikti, dalam mendukung pemberian layanan riset, teknologi, dan pendidikan tinggi kepada publik, sehingga masyarakat meningkat kepuasannya. Hal ini dibuktikan dengan persepsi responden yang merasakan perbaikan pelayanan dan kualitas pendidikan sebesar 94,6%.

“Saya berharap, dengan kepemimpinan baru ini, para Rektor dan Direktur Politeknik yang baru saja dilantik, dapat memberikan ‘energi baru’ dan menjaga semangat kinerja ini agar tetap dan bahkan ditingkatkan sehingga kita dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas dan efisien kepada masyarakat,” ujar Menteri Nasir.

Suasana pengambilan sumpah dan janji saat pelantikan 4 rektor sekaligus . (Biro Kemenritekdikti)

Selanjutnya, terkait dengan pemanfaatan teknologi, Menteri Nasir mengungkapkan bahwa nantinya seluruh Perguruan Tinggi di Indonesia harus memanfaatkan ‘e-library’, tidak lagi perpustakaan biasa. Hal ini demi menghemat pembiayaan yang ada di masing-masing perguruan tinggi.

“Tidak perlu lagi perguruan tinggi berlangganan e-jurnal. Saya akan minta nanti Telkom untuk pasang jaringan internet ke perguruan tinggi agar semua bisa memanfaatkannya,” kata Menteri Nasir.

Terakhir, kepada para Rektor dan Direktur yang dilantik, Menristekdikti berharap agar mereka bekerja keras memajukan perguruan tingginya masing-masing. “Perguruan tinggi adalah motor penggerak kemajuan di masing-masing daerah,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Dr.Ir.Apolo Safanpo, ST, MT, terpilih menjadi rektor Universitas Cendrawasih (Uncen) Jayapura, dalam sebuah pemilihan rektor universitas negeri pertama di Papua ini.
Apolo berhasil meraih 38 suara mengalahkan dua pesaing lainnya, yakni Prof. Drs. Agustinus Fatem MT. Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cendrawasih dengan total 13 suara dan Dr. Marthinus Solossa SH, M.Hum, Dosen Fakultas Hukum Universitas Cendrawasihmendapatkan 4 suara, dari 55 suara pemilih kalangan akademik Uncen.bertempat di Gedung Rektorat Uncen Kampus Waena. Senin (4/9)

Apolo Safanpo saat ini menjabat sebagai dekan Fakultas Teknik akan menjadi rektor Uncen sebelumnya dipimpin oleh Dr. Onesimus Sahuleka SH, M.Hum, Apolo Safanpo menyelesaikan pendidikan doktor di Universitas Diponegoro Semarang, dalam bidang Ilmu Teknik Sipil hidrologi.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir , saat bersalaman dengan para tamu undangan yang datang. (Biro Kemenristekdikti)

Sebelum dimulainya kegiatan pemilihan ini, diberikan kesempatan kepada rektor Uncen Dr. Onesimus Sahuleka, SH, M.Hum menyampaikan sambutan, pada kesempatan itu dirinya menyampaikan.

“Saya harap dalam pemilihan Rektor Uncen Periode 207-2021 yang kita laksanakan pada saat siang ini, harus di laksanakan dengan serius dan tidak ada permainan yang dapat merusak seluruh kegiatan pemilihan ini,” katanya.

Dirinya berharap, dari 3 calon kandidat rektor yang akan bertarung dan dipilih menggantikan posisinya agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab di jabatan yang baru.

“Dan bagi yang tidak terpilih harus menerima keputusan dan hasil dengan lapang dada. Harapnya.

Pemilihan muali berjalan dengan aman dan lancar, dari hasil perhitungan, Apolos berhasil menjabat sebagai Rektor Uncen. Dilanjutkan dengan sambutan diberikan kepada rektor terpilih,” katanya.

Suasana pelantikan di Auditorium Lantai 2 Gedung D Kemenristekdikti, Senayan, Kamis (14/9). (Biro Kerjasama Kemeristekdikti)

Sambutan Rektor Uncen Periode 2017-2021 Dr.Ir.Apolo Safanpo, ST, MT. usai pemilihan dan pembacaan hasil kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan, bahwa dirinya mengucap syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, atas jabatan baru yang diberikan kepada saya di mana pada saat ini.

“Saya terpilih sebagai Rektor Universitas Cenderawasih Periode 2017-2021, dan terima kasih juga buat rekan-rekan Dosen yang sudah memilih sya sebagai Rektor Universitas Cenderawasih Periode 2017-2021,” ucapnya.

“Bagi Bapak mantan Rektor Uncen yang lama saya mengucapkan banyak terima kasih atas kinerjanya selama menjabat sebagai Rektor Uncen, apa yang telah buat bagi kampus ini akan selalu kami ingat dan dikenang selalu kinerja Bapak selama menjabat sebagai Rektor Universitas Cenderawasih,” tuturnya. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)