Elroy Koyari, Bukti Orang Papua Mampu Bersaing di Balai

Elroy Koyari, menjadi spirit dan motivasi, bahwa orang asli Papua mampu bersaing menduduki jabatan di Balai. (Fransisca/LintasPapua.com)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Elroy Koyari, ST, MT., adalah salah satu dari sekian banyak putra terbaik dari Papua yang bekerja bisa bersaing di luar Papua dan kini menjabat Kepala Balai Sungai Wilayah Papua Barat.

Saat ini berusia 40 tahun, di usia relative muda ini Elroy sedang menyelesaikan pendidikan Program Doktor Teknik Sipil Universitas Brawijaya Malang, Minat Teknik Sumber Daya Air.

Elroy pernah memiliki prestasi baik dan di percaya menduduki jabatan selaku Pejabat Pembuat Komitmen dan Kepala Bidang di Balai Kepala Sungai Wilayah Sungai Sumatra Empat Kepulauan Riau Kepala Bidang Pelaksanaan Balai Besar Wilayah Sungai Citandui Jawa Barat.

Dalam kesempatan wawancara, Elroy Koyari menuturkan, bahwa memang dirinya tidak pernah berusaha membanggakan, tetapi berusaha bekerja sebaik – baiknya sesuai mutu yang di tetapkan.

“Memang kalau soal keberhasilan itu kemurahan Tuhan, juga tergantung pada pimpinan itu semua, saya bekerja dengan sebaik baiknya dan merasa sebagai orang Papua menjadi perwakilan Papua ,” kata Elroy Koyari, yang kini sedang menyelesaikan kuliah program doktor di salah satu universitas di Kota Malang.

Baca Juga :  BMD - ALAM Komitmen Menata Kesejahteraan Warga Kota Jayapura

Ditambahkan, bahwa hal ini supaya pikiran tentang orang Papua itu dapat berubah, mungkin atas dasar pertimbangan tersebut diminta supaya dirinya kembali ke Papua lebih cepat.

Dirinya berpesan, untuk teman teman di Papua, harus berani keluar dari zona nyaman, jangan di Papua saja, harus berani keluar bekerja.

“Namun integritas harus di jaga, bekerja dengan benar, bekerja dengan jujur, lalu bekerja lebih cepat dari orang lain, harus menjadi solusi, kalau kita merasa sudah siap kita kembali bangun Papua,” katanya berpesan.

:Saya kira teman teman diluar akan berpikir bahwa papua juga bisa sama dengan mereka, perlahan lahan memberikan kepercayaan,” katanya.

Ditambahkan, bahwa dirinya mempunyai tanggung jawab mempersiapkan teman teman supaya bisa berkarir di luar papua supaya bisa siap menerima tantangan, tapi kalau di luar kita tidak bisa menjaga sikap, prilaku, integritas kita akan sulit berkembang, kalau berani berkembang harus baik, harus bisa bersaing , kalau tidak, tidak akan bisa kembali lagi.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Dr.Ir. Basuki Hadimoeljono M.Sc, Saat beliau menghadiri PIT 34 HATHI Jayapura (9/9/2017), berkesempatan ditanya LintasPapua.com , yaitu apakah ada orang Papua yang berprestasi dan mampu bekerja di luar Papua? Dan beliau menjawab ada banyak dan semua ada datanya, Ada saat ini, Kepala Balai Sungai Papua dan Papua Barat, Elroy di Manokwari, Nimbrod di Merauke, di Jakarta ada dua orang, Marco itu baru mau masuk jadi pegawai PU , Dari penyedia jasa di Balai PU sekarang ada tiga belas orang dan satu orang dari BPK. (Fransisca /LintasPapua.com)