60 Orang Aparat Kampung di Lembah Grime Nawa Ikut Pelatihan TIK

Category: Sosial Masyarakat 23 0

Suasana Pembukaan, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, ketika didampingi sejumlah pejabat saat menabuh Tifa sebagai tanda secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan TIK Bagi Aparat Kampung, Selasa (12/9) kemarin di Aula Kantor Distrik Nimboran. (Irfan /Koran Harian Pagi Papua)
SENTANI (LINTAS PAPUA) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Jayapura dan Dinas Kominfo Provinsi Papua menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bagi Aparat Kampung, Selasa (12/9/2017) kemarin di Aula Kantor Distrik Nimboran, Genyem Kota, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura.

Sosialisasi dan pelatihan TIK ini digelar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kampung dan juga untuk mempromosikn Kampung agar bisa dikenal oleh masyarakat secara luas.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka secara langsung oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, dan diikuti oleh 60 orang peserta dari Aparat Kampung dari sejumlah distrik yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura.

Tanda Tangan. Harga Mati dukung Teknologi masuk kampung. (Irfan/Koran Harian Pagi Papua)

Dalam sambutan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, yang dibacakan Asisten I Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, menyampaikan ilmu pengetahuan tentang teknologi informasi dan komunikasi sangat penting bagi aparatur Kampung di Kabupaten Jayapura, demi mendukung pelaksanaan program pembangunan baik di kampung maupun di distrik berdasarkan komitmen Pemerintah Kabupaten Jayapura menuju kabupaten digital.

Baca Juga :  Pesan Damai BTM : Lawan Konflik Dengan Saling Mengasihi

Lebih lanjut, dia mengatakan sistem informasi pembangunan perdesaan dan pembangunan perdesaan mengharuskan untuk melakukan pembangunan dari desa atau kampung ke kota. Untuk menunjang semua itu, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sangat dibutuhkan.

Suasana Kegiatan mendapatkan apresiasi dari masyarakat dan pemuda yag ikut hadir. (Irfan /Koran Harian Pagi Papua)

Menurutnya, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat mengharuskan pengenalan serta pengembangan teknologi informasi dan komunikasi yang benar-benar menyentuh sampai ke tingkat kampung dalam hal ini aparat kampung yang ada di Kabupaten Jayapura.

Sehingga saya mengimbau kepada seluruh aparat kampung yang mengikuti pelatihan ini agar dapat mengikutinya dengan baik dan sungguh-sungguh. Supaya dapat menguasai secara mendalam materi yang diberikan pada pelatihan ini, imbuhnya.

Senada dengan hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Dinas Kominfo Provinsi Papua, Jerry Agus Yudianto, S.Kom menegaskan penerapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di kampung-kampung sangat penting guna menunjang perkembangan pembangunan.

Suasana Pembukaan Kegiatan, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, ketika didampingi sejumlah pejabat saat menabuh Tifa sebagai tanda secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan TIK Bagi Aparat Kampung, Selasa (12/9) kemarin di Aula Kantor Distrik Nimboran. (Irfan/Koran Harian Pagi Papua)

Kabupaten Jayapura telah menyatakan, sebagai daerah berteknologi, sehingga langkah-langkah konkrit terus dilakukan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis dalam hal ini Dinas Kominfo yang salah satunya dengan menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan ini, ujarnya.

Dirinya juga memberikan apresiasi kepada Kabupaten Jayapura yang terus berkomitmen menjadikan kampung-kampung menuju kampung digital. Ini merupakan sebuah langkah maju dalam menjawab tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Baca Juga :  Presiden Ajak Ulama Jaga Keamanan Negara Dari Ormas Radikal

Sementara itu, ditempat yang sama, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura, Korneles Yanuaring menyatakan, bahwa pihaknya selaku wakil rakyat sangat mendukung program dari Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura yang akan melatih aparat kampung.

Ketua Panitia, Gustaf Griapon, ST., saat membawakan sambutannya pada acara pembukaan. (Irfan/Koran Harian Pagi Papua)

Hendaknya setiap OPD yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura yang dalam programnya bersentuhan langsung dengan masyarakat agar turun melakukan kegiatan di tengah masyarakat seperti yang dilakukan Dinas Kominfo ini, tegasnya.

Untuk itu, Waket Korneles menyatakan, dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat di segala bidang, ilmu pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi ini mendapat perhatian serius dari pemerintah, sehingga informasi pembangunan segera diakses. (Irfan /Koran Harian Pagi Papua)

Related Articles