Anggota Bakohumas Diminta Rutin Berkoordinasi

Category: Lintas Papua 7 0

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua Israil Ilolu, saat diwawancara. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Papua Israil Ilolu mengimbau seluruh Anggota Badan Koordinasi Humas (Bakohumas) agar rutin berkoordinasi terkait masalah pembangunan yang berproses diatas negeri ini.

“Bakohumas ini kan wadah koordinasi kehumasan non struktural, anggotanya ada dari SKPD tingkat provinsi, ada juga dari pihak BUMN dan BUMD. Makanya kita imbau sangat penting untuk selalu rutin berkoordinasi terkait kepentingan pembangunan maupun pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

“Sehingga setiap masalah pembangunan yang muncul di masa mendatang, dapat diatasi secara maksimal,” terang Israil Ilolu di Jayapura, akhir pekan kemarin.

Lebih lanjuti dikatakan, Bakohumas wajib menjadi “jembatan” antara lembaga maupun instansi pemerintah serta swasta.

Sehinggabila ditemui sejumlah kendala maupun masalah pembangunan, maka peran Bakohumas juga ikut mengkomunikasikan hal itu dengan pihak terkait, supaya kegiatan penanggulangan yang dilakukan, akan tepat sasaran.

“Seperti ada peristiwa kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM), beras atau pemadaman listrik, masalah air minum dan telekomunikasi.Disini peran Bakohumas dapat mengkomunikasikan hal itu kepada institusi terkait untuk selanjutnya memberikan penjelasan kepada publik.”

Baca Juga :  Penetapan 42 Anggota Majelis Rakyat Papua Barat Disarankan Ditunda

“Dengan demikian, tak ada keresahan semasa pihak terkait itu, melakukan penanggulangan hingga setiap permasalahan yang muncul menjadi stabil,” katanya.

Hal penting lain dari peran Bakohumas adalah, dapat menggantikan posisi kepala daerah (yang tugas luar) dalam memberikan pernyataan, seperti dalam hal memberikan penjelasan tentang kondisi permasalahan yang terjadi.Baik dari segi kendala pembangunan maupun kelangkaan satu produk yang mengganggu perekonomian daerah.

“Makanya, saya katakan peran Bakohumas sangat penting. Sehingga perlu sekali untuk saling berkoordinasi dengan lembaga terkait,” imbaunya.(Erwin /Koran Harian Pagi Papua)

Related Articles