SMP N 6 Jayapura Gelar Kegiatan Outdoor Classroom Day

Category: Pendidikan 10 0

Nurjainuddin Konu, saat resmikan OCD di SMP N 6 Kota Jayapura (Elsye Sanyi)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 6 Jayapura yang merupakan satu-satunya sekolah di wilayah Papua dan Papua Barat telah meraih penghargaan Sekolah Ramah Anak (SRA) menggelar kegiatan Outdoor Classroom Day (OCD), untuk mengimplementasikan dan dalam rangka mempercepat pengembangan SRA.

Adapun kegiatan ini diikuti oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Jayapura yang sekaligus membuka resmi kegiatan OCD, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Kepala Sekolah SMP N 6 Jayapura, Komite SMP N 6 Jayapura serta Dewan guru dan staf tata usaha SMP N 6 Jayapura, bertempat di SMP Negeri 6 Jayapura, Kamis (7/9/2017).

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Nurjainuddin Konu mengatakan dengan adanya pengembangan SRA di SMP Negeri 6 Jayapura melalui kegiatan OCD diharapkan dapat memberikan manfaat edukasi dan dapat bermanfaat bagi anak dalam menjaga kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembangnya anak.

Lanjut Konu, salah satu model pembelajaran yang dilaksanakan diluar ruang kelas merupakan salah satu upaya meningkatkan pendidikan bermutu dan tidak monoton di Kota Jayapura, yang merupakan barometer pendidikan di tanah Papua. Untuk itu, pesannya bagi siswa-siswi untuk ikut memiliki dan menjadikan sekolah sebagai rumah kedua sebagai tempat belajar yang nyaman dengan hati yang gembira, dan harus menjaga kebersihan di lingkungan sekolah.

Baca Juga :  9 Kampung di Port Numbay Sudah Terima Dana Desa

“Saya berharap hal ini dapat berlanjut dan dicontohi oleh sekolah-sekolah lain yang ada di Kota Jayapura, karena secara tidak langsung kita juga berpartisipasi dalam menekan kasus kekerasan terhadap anak baik dilingkungan sekolah maupun disekitar kita,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa mengatakan. kegiatan OCD yang digelar ini merupakan satu inovasi dan ide untuk bagaimana menyadarkan orang tua siswa dalam menjaga dan mendidik anak dengan menghargai hak-hak anak dan lebih lagi menyayangi dan ramah terhadap anak.

“Pentingnya hal ini, sehingga saya berpesan untuk semua sekolah yang ada di Kota Jayapura baik di 103 SD, 44 SMP, 27 SMA dan 17 SMK agar dapat bergandengan tangan dan satu hati untuk mencanangkan semua SRA, maka akan menjadi satu harapan besar bagi anak didik kita kedepan menjadi anak-anak yang berguna bagi bangsa dan negara,” harapnya.

Ditambahkannya, kegiatan sosialisasi dan kampanye stop kekerasan terhadap anak dalam situasi apa saja termasuk dalam suasana belajar mengajar harus dilakukan saat ini, karena akan berdampak juga kepada teman-teman maupun bagi siswa baru di sekolah itu. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)

Related Articles