DP3AKB Kota Jayapura Gelar Rakernis Pemberdayaan Perempuan

Sekretaris Daerah Kota Jayapura, R.D. Siahaya, SH, MM. (Istimewa)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Jayapura Gelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) ke-XII Pemberdayaan Perempuan.

Rakornis ke-XII Pemberdayaan Perempuan yang di gelar di Aula Sian Soor Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (7/9) kemarin, dibuka oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jayapura, R D Siahaya,

Dalam sambutannya, Siahaya mengatakan, peran dan keikutsertaan perempuan dalam pembangunan sangatlah penting, oleh karena itu DP3AKB Kota Jayapura melakukan koordinasi kerja dalam menata Membina dan mengarahkan serta membangun kerjasama lintas sektor dengan berbagai organisasi perempuan baik secara fungsional maupun sosial.

“Tentunya dalam rangka berperan aktif menunjang seluruh program dan kegiatan pembangunan perempuan dan keluarga berencana, sesuai peraturan daerah kota Jayapura nomor 5 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah yang mempunyai tugas menyusun program dan melaksanakan pemberdayaan dan keluarga berencana,” ujarnya.

Ditambahkan, hal ini sesuai kebijakan walikota Jayapura dalam rangka peningkatan peran perempuan dalam berbagai bidang pembangunan, maka untuk itulah DP3AKB Kota Jayapura menyelenggarakan Rakernis Ke-XII guna meluruskan berbagai bidang kebijakan pembangunan di bidang pemberdayaan perempuan.

Pada kesempatan tersebut ia juga memintah didalam Rakernis ini DP3KAB Kota Jayapura dapat melihat dua hal, pertama mengevaluasi capaian-capaian program yang selama ini sudah dilaksanakan sesuai program dan kegiatan dan yang berikut melihat aspek terpenting peningkatan dan pemberdayaan yang mau dicapai dalam 1 tahun kedepan,” tuturnya.

“Kedua hal ini penting, karena harus ada target tapi juga capaiannya yang dapat diukur,”

Ia juga menegaskan dalam Rakornis ini, DP3AKB Kota Jayapura jangan menyusun koordinasi dan sinkronisasi program yang muluk-muluk tetapi tidak memiliki indikator-indikator capaiannya, Artinya selama 1 tahun kedepan kualitas hidup perempuan dan anak jadikan ikon utama pelaksanaan program kegiatan peningkatan pemberdayaan perempuan kota Jayapura apabila kualitas hidup perempuan dapat terus didongkrak maka dipastikan kondisi posisi dan status perempuan dalam perspektif gender dapat disejajarkan setara dengan laki-laki.

Diharapkan, rakornis ini enaknya menjadi Wahana guna mencari menyusun merumuskan dan memutuskan kebijakan-kebijakan baru yang berorientasi pada peningkatan kualitas hidup perempuan dan potensi dirinya guna berperan aktif mengisi dan menunjang seluruh proses pembangunan yang sedang giat-giatnya dilaksanakan Pemerintah Kota Jayapura.

Diharapkan pula rakornis ke 12 tahun ini yang daging menjadi momentum membangun pemahaman dan menyatukan persepsi sekaligus berkomitmen meningkatkan kualitas hidup perempuan dalam pembangunan yang berperspertik gender secara jelas, terarah, tersinkron dan terakomodir dalam kelompok kerja dan terealisasi dalam program aksi,” pungkasnya. (Rudolf)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...