DPRD Gelar Paripurna Pengesahan KUA PPAS APBD Perubahan 2017

208
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., saat diwawancara. (Irfan)

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., saat diwawancara. (Irfan)
SENTANI (LINTAS PAPUA) – Setelah melalui beberapa tahapan pembahasan sesuai mekanisme yang berlaku, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura menggelar Rapat Paripurna Penandatanganan Nota Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2017.

Rapat paripurna yang digelar di Ruang Sidang Paripurna Kantor DPRD Kabupaten Jayapura, Selasa (5/9) kemarin sore, dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Edison Awoitauw, ST, didampingi Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Jayapura Mozes Kallem dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura Korneles Yanuaring serta sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Jayapura.

Sedangkan dari pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura dihadiri Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, didampingi Sekda Kabupaten Jayapura Drs. Yerry F. Dien, M.Si, serta sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Persetujuan dan pengesahan KUA-PPAS APBD Perubahan Tahun Anggaran 2017 itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, bersama Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Edison Awoitauw, ST, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Jayapura Mozes Kallem dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura Korneles Yanuaring.

Usai penandatanganan KUA-PPAS, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, kepada wartawan menjelaskan bahwa KUA-PPAS ini sendiri merupakan landasan utama atau pedoman untuk membahas dan menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2017.

Dimana esensi dari pembangunan ialah untuk mensejahterakan masyarakat. Dan, tentunya KUA-PPAS ini merupakan landasan penyusunan APBD Perubahan tahun 2017 untuk melaksanakan program-program pembangunan, jelasnya.
Untuk itu, kata Bupati Mathius, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Jayapura yang telah menandatangani pengesahan nota kesepahaman KUA-PPAS APBD Perubahan tahun anggaran 2017.

Ya, kita berterima kasih untuk teman-teman Anggota Dewan pada hari ini (kemarin) bisa menyelesaikan penandatanganan KUA-PPAS dan besok (hari ini) juga akan dilanjutkan dengan pembukaan sidang serta laporan Banggar (Badan Anggaran) pada hari berikutnya, yang tadi (kemarin) sesuai dengan laporan bisa diselesaikan sampai dengan sore harinya, kata Mathius.

“Nah, untuk itu kita berharap dengan waktu yang ada ini bisa dimaksimalkan. Apalagi dari pihak Eksekutif sudah siap dari waktu atau jam berapapun perlu diskusi atau pembahasan untuk memberikan support, supaya yang jadwal yang ada ini bisa selesai,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura Edison Awoitauw, ST, meminta kepada pihak Eksekutif untuk mempercepat pengajuan KUA-PPAS yang sesuai dengan jadwal.

“Kita minta kedepan KUA-PPAS dari Eksekutif itu untuk dipercepat sesuai dengan jadwal. Inikan kita terlambat melakukan pengesahan penandatanganan KUA-PPAS, maka itu kedepan pihak Eksekutif harus bisa mempercepat APBD induk,” pintanya.

Selain itu, Ketua Edison juga meminta kepada pihak Eksekutif untuk mempercepat penyerapan anggaran.
Jangan persoalan Pemilukada sampai mengganggu penyerapan anggaran. Jadi, program-program tetap harus berjalan, karena tidak ada alasan untuk Pemiulukada kemudian program-program atau proyek-proyek penyerapan anggaran tidak berjalan, sehingga semuanya masuk di APBD Perubahan 2017 ini, tegasnya. (Irfan /Koran Harian Pagi Papua)