Bupati Yahukimo Ingatkan 517 Kepala Kampung Gunakan Dana Desa Baik

0
18
Bupati Abock Busup, saat bersama masyarakat. (Istimewa)

Bupati Abock Busup, saat bersama masyarakat. (Istimewa)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Bupati Yahukimo Abock Busup, MA mengingatkan semua guru dan petugas kesehatan mantri untuk tetap berada ditempat tugas masing masing menjalankan tugas pelayanan ke masyarakat. Tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan sekolah harus tetap jalan, sebab itu Kepala desa harus ada ditempat memperhatikan kebutuhan pendidikan dan kesehatan hingga guru dan mantri tidak lari ke Kota.

Semua guru dan mantri diingatkan tetap berada di tempat tugasnya masing masing apalagi sudah menerima dana desa. Hal itu diungkapkan Bupati Abock Busup dihadapan warga distrik Lelambu saat kunjungan kerjanya, Jumat (1/8/2017)

“ Karena sudah terima dana desa, Kepala Desa tak boleh lagi putar putar di Kota hingga uang desa untuk kepentingan warga kampung habis di Kota. Padahal, dana desa disalurkan untuk membangun desa, membangun infrastruktur desa”, ujar Bupati.

Bupati mengamati, sejak awal ia menjabat bupati sudah menyalurkan dana desa tahap pertama dan kedua.
Distribusi dana itu dilakukan di 517 kampung, 51 distrik. Namun Pemerintah menemui fakta ada kepala desa tidak dapat mempertanggung jawabkan dana desa dengan baik. Dana desa habis di Kota, kepala desa gunakan dana desa itu untuk putar putar di Kota.

Kondisi ini jadi catatan Bupati dengan mengambil sikap tegas berhentikan kepala desa yang tidak dapat mempertanggung jawabkan dana desa untuk kepentingan warga.
“Dana desa ini untuk membangun kampung hendaknya digunakan sesuai juknis Pemerintah,” tegas Bupati Abock.

Dalam kunjungan kerjanya, Bupati Abock Busup didampingi anggota DPRD, Arman kalu Keroman. Intinya Pemerintah memberi perhatian kepada masyarakat Lelambu dengan membangun Kantor Klasis yang jadi kebutuhan jemaat gereja setempat. Hal ini dibuktikan dengan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Klasis Lelambo oleh Bupati Abock Busup didampingi Kepala Distrik, Zakius Yando, Jumat(1/8/ 2017).(Ven)