Bupati Mathius Menilai Ada Yang Ingin Merusak Kedamaian Papua

0
4
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., saat diwawancara. (Irfan)

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si., saat diwawancara. (Irfan)
SENTANI (LINTAS PAPUA) – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, menilai ada pihak-pihak yang ingin berupaya untuk merusak kedamaian di Papua dengan cara-cara menggagalkan proses maupun tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Jayapura Tahun 2017.

“Kami nilai ada pihak-pihak yang tidak ingin Papua damai. Ini sebenarnya sudah mengarah pada kekacauan, dan semua kekacauan sudah dilihat oleh masyarakat secara terang-terangan,” ujar Bupati Mathius Awoitauw ketika ditanya wartawan terkait proses Pilkada Kabupaten Jayapura yang tak kunjung selesai hingga saat ini, usai menghadiri Sidang Paripurna Pengesahan KUA-PPAS Perubahan 2017, Selasa (5/9/2017) kemarin sore.

Bupati Mathius menuturkan, rakyat sudah luar biasa menjaga diri dengan ikut mensukseskan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Jayapura dengan aman dan lancar. Namun kenyataannya, ada pihak-pihak yang mempunyai kepentingan pribadi ingin membuat kekacauan dan juga merusak kedamaian di Papua, khususnya Kabupaten Jayapura.

Bupati Mathius Awoitauw, ketika memasukan surat suara ke kotak suara usai pencoblosan PSU. (Irfan)

Seharusnya lembaga Negara yang ada di Papua, menghargai pilihan serta cara berpikir rakyat yang luar biasa ini, bukannya menyalahkan rakyat. Padahal kenyataannya dilapangan, lembaga Negara yang tidak konsisten, tuturnya.
Untuk itu, dirinya berharap kepada lembaga Negara dapat konsisten serta menghargai pilihan, juga keinginan dan cara berpikir masyarakat.

“Sehingga kedamaian di Papua ini, dapat terus terjaga dan tidak dipermainkan oleh oknum-oknum tertentu. Yang sangat tidak menginginkan kedamaian di tanah Papua tercinta ini terwujud,” tutur Bupati Mathius. (Irfan /Koran Harian Pagi Papua)