Apolo Safanpo Terpilih Sebagai Rektor Universitas Cenderawasih

0
298
Rektor Terpilih Apolo Safanto, usai pemilihan foto bersama Pengurus BEM Uncen.  dihalaman Gedung Rektorat Uncen Kampus Waena. Senin (4/9/2017). (Berto Tungkoye)
Rektor Terpilih Apolo Safanto, usai pemilihan foto bersama Pengurus BEM Uncen.  dihalaman Gedung Rektorat Uncen Kampus Waena. Senin (4/9/2017). (Berto Tungkoye)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)- Dr.Ir.Apolo Safanpo, ST, MT, terpilih menjadi rektor Universitas Cendrawasih (Uncen)  Jayapura, dalam sebuah pemilihan rektor  universitas negeri pertama di Papua ini.

Apolo berhasil meraih 38 suara mengalahkan dua pesaing lainnya, yakni Prof. Drs. Agustinus Fatem MT. Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cendrawasih dengan total 13 suara dan Dr. Marthinus Solossa SH, M.Hum, Dosen Fakultas Hukum Universitas Cendrawasihmendapatkan 4 suara, dari 55 suara pemilih  kalangan akademik Uncen.bertempat di Gedung Rektorat Uncen Kampus Waena. Senin (4/9/2017)

Apolo Safanpo saat ini menjabat sebagai dekan Fakultas Teknik akan menjadi rektor Uncen sebelumnya dipimpin oleh Dr. Onesimus Sahuleka SH, M.Hum, Apolo Safanpo menyelesaikan pendidikan doktor di Universitas Diponegoro Semarang, dalam bidang Ilmu Teknik Sipil hidrologi.

Sebelum dimulainya kegiatan pemilihan ini, diberikan kesempatan kepada rektor Uncen Dr. Onesimus Sahuleka, SH, M.Hum menyampaikan sambutan, pada kesempatan itu dirinya menyampaiakan.

Rektor Uncen terpilih bersama sejumlah mahasiswa usai pemilihan. (Berto Tungkoye)

“Saya harap dalam pemilihan Rektor Uncen Periode 207-2021 yang kita laksanakan pada saat siang ini, harus di laksanakan dengan serius dan tidak ada permainan yang dapat merusak seluruh kegiatan pemilihan ini,” katanya

Dirinya berharap, dari 3 calon kandidat rektor yang akan bertarung dan dipilih menggantikan posisinya agar melaksanakan tugas dan tanggung jawab dijabatan yang baru.

“Dan bagi yang tidak terpilih harus menerima keputusan dan hasil dengan lapan dada. Harapnya.

Pemilihan dimuai berjalan dengan aman dan lancer, daroi hasil perhituang, Apolos berhasil menjabat sebagai Rektor Uncen. Dilanjutkan dengan sambutan diberikan kepada rektor terpilih.

Sambutan Rektor Uncen Periode 2017-2021 Dr.Ir.Apolo Safanpo, ST, MT. usai pemilihan dan pembacaan hasil kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan sambutan,mengatakan, bahwa dirinya mengucap syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, atas jabatan baru yang diberikan kepada saya di mana pada saat ini.

“Saya terpilih sebagai Rektor Universitas Cendrawasih Periode 2017-2021, dan terima kasih juga buat rekan-rekan Dosen yang sudah memilih sya sebagai Rektor Universitas Cendrawasih Periode 2017-2021,” ucapnya

“Bagi Bapak mantan Rektor Uncen yang lama saya mengucapkan banyak terima kasih atas kinerjanya selama menjabat sebagai Rektor Uncen, apa yang Bpk buat bagi kampus ini akan selalu kami ingat dan dikenang selalu kinerja Bapak selama menjabat sebagai Rektor Universitas Cendrawasih,” imbuhnya.

Awal Proses Penjaringan

Sebelumnya, sebanyak lima kandidat Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura menjalani tahapan dalam sebuah proses pemilihan yang diawali dengan penyampaian visi misi dalam rangka penjaringan bakal calon rektor, dilaksanakan di aula Uncen Abepura, dengan disaksikan melalui Rapat Terbuka Senat, Jumat (21/4/2017).

Adapun, secara umum kelima Calon Rektor yang ikut dalam daftar bakal calon yang menjalani sesi tanya jawab atau debat kandidat, adalah 1. DR. Hendrik Herman Johanes Krisifu, SH, MA., Dosen Fakultas Hukum Uncen, Kelahiran Sorong 31 Juli 1964, pendidikan adalah doktor dalam bidang ilmu hukum ketatanegaraan,

2. DR. Ir. Apolo Safanpo, ST, MT., Dosen Fakultas Teknik Uncen, Kelahiran Agats 24 April 1975, pendidikan adalah doktor dalam bidang perencanaan infrastruktur wilayah.

Calon Rektor Ketiga adalah Seorang Perempuan DR. Elsyan Rienette Marlissa – Korwa, SE, M.Si., Dosen Fakultas Ekonomi Uncen, Perempuan Kelahiran Jayapura, 12 Januari 1971, Pendidikan adalah doktor dalam bidang ilmu ekonomi,

4. Prof. DR. Drs. Agustinus Fatem, MT, Pria kelahiran Sorong, 8 Agustus 21961, Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UnivERSITAS Cenderawasih. Pendidikan adalah doktor dalam bidang administrasi publik.

Dan calon kelima adalah DR. Marthinus Solossa, SH, M.Hum, Pria kelahiran Ayamaru 12 Februari 1962, Dosen Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih. Pendidikan adalah Doktor dalam bidang Hukum Agragria.

Suasana Penyampaian Visi Misi Bakal Calon Rektor Uncen di Aula Uncen, ketika awal penjaringan bakal calon rektor di Aula Uncen. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Ketua Senat Perguruan Tinggi Uncen, DR. Berth Kambuaya mengatakan, bahwa kelima calon yang tampil dalam penyampaian visi misi adalah mereka yang memang telah memahami Uncen secara baik dan memiliki kualifikasi pendidikan yang menguasai bidang keahlian masing – masing.

“Sekarang tinggal bagaimana mempertajam visi – misi dan masalah penelitian dan pengabdian pada masyarakat, kira – kira solusi apa yang harus dilakukan jika terpilih nantinya, sebab masih ada banyak persoalan yang harus dikerjakan bersama untuk kemajuan Uncen,” ujar Berth Kambuaya, yang juga Mantan Rektor Uncen ini.

Dijelaskan, bahwa semua proses ini masih akan dibahas dalam rapat pimpinan senat perguruan tinggi dan akan diambil 3 (tiga besar) untuk selanjutnya akan diajukan ke Jakarta.

Suasana Kampus Uncen di Abepura (Eveerth.Joumilena / LintasPapua.com)

“Jadi akumulasi semua proses higga pemilihan rektor akan berlangsung pada tanggal 8 Mei 2017, yang mana sebanyak 36 anggota Senat Perguruan Tinggi akan memilih ditambah dengan kehadiran 30 persen dari Dirjen Pendidikan Tinggi,” ucap Balthasar Kambuaya, yang pernah menduduki jabatan Menteri Lingkungan Hidup Indonesia sejak 19 Oktober 2011 – 20 Oktober 2014.  (Berto Tungkoye / Harian Pagi Papua)