Pemkot Jayapura Gelar Pengawasan dan Penegakan Hukum Lalu Lintas

0
3
Kepala Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Elby Uneputty, A. Md (Eveerth/LintasPapua.com)

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Elby Uneputty, A. Md (Eveerth/LintasPapua.com)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kepala Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Elby Uneputty, A. Md., mengatakan bahwa pembukaan pengawasan dan penegakan hukum lalu lintas, karena selama ini tindakan persuasive belum bisa diindahkan.

“Selama ini yang kita lakukan kepada angkuttan umum masih persuasive, dimana hanya memeriksa dan kalau surat – surat sudah mati (tidak berlaku) lagi, maka harus dibayar, namun semua lewat proses tilang dan disidangkan oleh hakim,” ujar – Kepala Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Elby Uneputty, A. Md.,, kepada Harian Pagi Papua, Jumat (1/9/2017).

Dikatakan, jika surat – surat tidak lengkap tentunya di tilang dan akan bayar denda di Pengadilan setiap hari Jumat.

“Selama ini yang kita lakukan adalah masih persuasive, selama ini hanya memeriksa saja, akan tetapi kalau sekarang di hakim di tilang dan didenda, semua melalui proses persidangan dengan hakim,” katanya.

Elby Uneputty berharap, ini menjadi kesadaran awal dan pengawasan dan penegakan hokum, sehingga masyarakat lebih hati – hati dan harus gunakan surat lengkap, apalagi ini langsung ke pengadilan, tentunya agar tercipta tta tertib dan suasana lalu lintas yang baik.

Sementara itu, terkait dengan Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Perhubungan bekerja sama dengan Polres Jayapura Kota, Kejaksaan Negeri Jayapura dan Pengadilan Negeri Kelas 1A Jayapura, menggelar pengawasan hukum lalu lintas di Kota Jayapura, di GOR Waringin Kotaraja, Jumat (1/9/2017).

Suasana Sidang bagi pengendara yang kena tilang. (Eveerth/LintasPapua.com)

Kegiatan yang digelar di halaman GOR Waringin Kotaraja, di lakukan dengan memeriksa seluruh kendaraan umum, truck angkutan umum bernomor polisi kuning maupun hitam.

Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM, mengatakan pengawasan dan penegakan hukum lalu lintas di kota jayapura perlu dilakukan dengan bersinergitas antara Dinas Perhubungan, Kepolisian, Kejasaan dan pengadilan negeri jayapura.

” Pengawasan dan operasi penegakan hukum tentang lalu lintas angkutan jalan, sangat penting, karena sudah sesuai dengan amanah undang-undang, yang terpenting adalah bagaimana bersinergi bekerja sama dalam melakukan penegakan hukum dalam implementasinya harus ada pedoman yang seragam, walaupun berbeda tetapi tujuan kita adalah bersatu,” tegas Wakil Wali Kota Jayapura, saat memberikan Amanah pada Apel operasi pengawasan dan penegakan hukum kendaraan lalu lintas.

Menurutnya, ketika kita melakukan penindakan dilapangan langsung kita memiliki komitmen secara bersama sehingga apa yang ditargerkan bisa berjalan sesuai tujuan bersama.

“jangan polisi jalannya lain, perhubungan juga jalannya lain, harus satu aturan yang jelas sehingga terpadu,” tambahnya. (Dhoto)