Tim Sepak Bola POPNAS Papua Benahi Transisi Menyerang

0
5
Saat uji coba pertandingan. (Geis)

Saat uji coba pertandingan. (Geis)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI 2017 di Semarang, Jawa Tengah 12-21 September 2017 mendatang, tim sepak bola Popnas Papua menggelar uji coba dengan melawan tim Liga 3 PSSI Persewar Waropen di Lapangan sepak bola Emsyk Waena, Jayapura, Rabu (30/08/2017).

Pelatih kepala tim sepak bola Popnas Papua, Gustaf Pui, mengatakan, meskupun tinggal satu pekan lagi, dia bersama tim pelatih akan fokus untuk melakukan perbaikan transisi dari bertahan ke menyerang.

“Sisa waktu sepakan ini, kita fokus latihan terutama dalam kerja sama tim baik bertahan maupun posisi menyerang,” ujar Gustaf Pui, kepada media di Rabu (30/8/2017).

Dikatakan Gustaf, dari uji coba ini, nampak sekali anak asuhannya banyak membuat kesalahan. Oleh karena itu, saya bertekad dengan sisa waktu ini akan membentuk tim yang solid agar dapat meraih juara pada ivent tersebut.

“Masih banyak yang kita akan benahi, dalam uji coba tadi, kerja sama dari bertahan ke menyerang ini yang belum berjalan baik, saya ingin pemain harus manfaatkan peluang yang ada untuk menjadi gol,” ujarnya.

Ia mengatakan, sebelum tim bertolak ke Semarang, Senin, 7 September, masih ada dua agenda uji coba lagi. “kita masih ada dua uji coba lagi dengan Persipura U-19 dan tim sepak bola SMA I Jayapura,” katanya.

Dalam dua agenda uji coba ini, kata Gustaf, akan dipakai sebagai tolak ukur kekuatan timnya. Lanjutnya, uji coba dengan Persipura U-19 rencananya hari ini (Kamis-red) di lapangan PLTD Waena, kemudian hari Sabtu dengan tim SMA N 1 Jayapura.

Sementara itu, Julius Worabay selaku manajer tim usai menyaksikan timnya bertanding mengatakan, ingin membawa tim sepak bola Popnas Papua menjadi yang terbaik pada ajang dua tahunan itu.

Julius optimis tim yang diarsiteki Gustaf Pui itu meraih juara. “kalau soal strategi itu urusan pelatih, saya lebih tekankan kepada mental dan spiritual pemain maupun kesejahteraanya,” ucapnya.

Julius yang juga mantan pemain PPLP Papua tahun 1986 mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua DR Yusuf Yambe Yabdi ST,MT yang sudah memberikan kepada dirinya sebagai manajer tim sepak bola Popnas.
Diketahui, dalam laga uji coba itu, tim sepak bola Popnas Papua berhasil mengalahkan tim bola Persewar Waropen dengan skor akhir 2-1. Gol-gol tim sepak bola Popnas Papua dicetak oleh Herry Sokoy dan Jefron Sitawa. Sementara gol Persewar dicetak oleh Yacob Sayuri. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)