PemKot Jayapura Percepat Pembangunan TPU Muslim Waena

0
33

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Terobosan baru lagi yang di buat Pemerintah Kota Jayapura dan terus berupaya mempercepat pembangunan infrastruktur di kawasan tempat pemakaman umum (TPU) Muslim Waena.

Dengan begitu, nantinya lahan yang luasnya 10 hektar itu segera bisa digunakan oleh umat muslim yang meninggal, dan digatiskan atau tidak dipungut biaya saat pemakaman.

“Saya sudah perintahkan stafnya untuk membuat pagar. Saya minta harus sungguh-sungguh menagani pemakaman ini,” kata Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, saat meninjau lokasi TPU Muslim Waena bersama intansi terkait, pada Selasa (29/8/2017).

Lokasi yang dibangun menggunakan APBD Pemerintah Kota Jayapura itu dibantu juga oleh Pemerintah Provinsi Papua, dan di klaim tidak mempersulit warga setempat lokasi TPU.

“Ada juga hal yg sekarang ini di rancang kan misal nya Masih ada pembangun infrastrukr seperti musholah, tempat cuci tangan, pembangunan pagar dan sebagainya. Awal Januari 2017 saya pastikan sudah bisa digunakan,” kata Benhur Tomi Mano.

“Saya juga bangun bak air minum untuk warga di lokasi TPU. Kami telah melakukan studi analisis dampak lingkungan (Amdal) dan tidak menganggu air bersih di tempat itu (TPU) Muslim,” Benhur menambahkan.

Wali Kota Jayapura dua periode ini menjelaskan, adanya TPU Muslim tersebut, karena setiap umat muslim yang meninggal dunia, dan ingin dimakamkan di Abepantai kerap dimintai biaya, yang nilainya berbeda sesuai usia yang meninggal. (*)