Pemkot dan Pemprov Siap Normalisasi Kali Cegah Banjir

0
5
Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya Saat Meninjau Lokasi Jalan Di Kampung Wesakin Yang Terputus Akibat Abrasi Air Kali. (Ema)

ilustrasi Lokasi Banjir di Kota Jayapura. (istimewa)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Jayapura terus berupaya melakukan normalisasi kali – kali yang ada, guna mencegah banjir yang terjadi selama ini.

Hal ini dilakukan dan menjadi sebuah komitmen bersama setelah Wakil Wali Kota Jayapura, Ir.H. Rustan Saru, MM bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua, Djuli Mambaya, berencana menormalisasi Kali Entrop 1 dan Kali Entrop sebagai upaya pencegahan banjir.

”Masalah yang kami temukan yaitu daerah resapan air yang beralih fungsi menjadi bangunan dan terjadinya penyempitan saluran air di sebelah Hotel Musi, normalisasi menyeluruh Kali Entrop 1 dan Kali Entrop 3 sehingga debit air kembali normal,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua, Djuli Mambaya, Sabtu (26/8/2017).

Dikatakan, dalam tahun ini kita ada program perbaikan jalan dan saluran irigasi, recananya akan segera kami eksekusi untuk melakukan perbaikan dari masalah-masalah yang kami temukan di lapangan.

Djuli Mambaya menuturkan, sebagai wajah ibukota Provinsi Papua, Kota Jayapura menjadi cerminan dari 28 kabupaten lain dalam sistem tata ruang kota. Musibah banjir yang kerap menimpa warga Entrop tak lain disebabkan masalah utama yakni penumpukkan sampah.

“Sampah menjadi masalah serius dan utama namun untuk saat ini yang akan kami lakukan adalah membenahi jalur air yang tersumbat, memperlebar aliran air, dan upaya serupa yang mampu mengurangi potensi banjir di daerah Entrop ini,” katanya.

Wajah ibu kota provinsi ada di Kota Jayapura, untuk itu menjadi tanggung jawab kami terlibat dalam upaya membenahi tugas saluran air yang terhambat atau yang menyempit. Wakil Walikota bersama Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua melihat langsung problematika di lapangan.

Ilustrasi SMU Negeri 4 Entrop menjadi sasaran banjir beberapa waktu lalu, perlu perhatian bersama, tampak sejumlah guru dan murid sedang bekerja membersihkan. (Eveerth/LintasPapua.com) .

Membenahi jalur air yang tersumbat, memperlebar aliran air, dan upaya serupa yang mampu mengurangi potensi banjir di daerah Entrop ini.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. H. Rustan Saru, MM., berharap, dan meminta agar Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional untuk membuat crossing aliran air. Sehingga kalau genang)an air meluap diharapkan mengalir secara merata dan tidak menggenang di suatu tempat. (Humas Kota Jayapura)