Pertama di Mandala, Wasit Asing Siap Pimpin Laga Persipura VS Persib

0
9
Wasit FIFA dalam jumpa pers kemarin. (Geis Muguri)

Wasit FIFA dalam jumpa pers kemarin. (Geis Muguri)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Liga 1 Gojek Traveloka Liga 1 mulai memberlakukan wasit asing sejak bergulirnya putaran kedua, guna mengurangi keputusan-keputuasn kontroversial yang kerap kali dibuat oleh wasit lokal dan dianggap banyak merugikan tim-tim peserta.

Dalam laga Persipura kontra Persib Senin (28/8) hari ini, di Stadion Mandala, akan dipimpin oleh seorang wasit asing. Dia adalah Sparttack Danielenko asal Kyrgistan wasit yang akan bertugas memimpin pertandingan Persipura kontra Persib Bandung.

Kepemimpinan Danilenko akan menjadi yang pertama kalinya sepanjang putaran kedua dan pertama kali juga kepada tim Persipura di laga Persipura, kalau untuk Persib sendiri sudah pernah di pimpin wasit asing sepanjang Liga 1 putaran kedua.

Sebelumnya, Danilenko sukses memimpin pertandingan Arema FC saat menjamu Persiba Balikpapan tanggal 18 Agustus lalu. Tim Arema menilai, keputusan-keputusan Danilenko sangat tepat dan tegas, juga tidak memihak, dan tentunya sangat berbeda jika dibandingkan dengan kepemimpinan seorang wasit lokal.

Tiga hari yang lalu, Danilenko juga berhasil memimpin laga Semen Padang saat berhadapan dengan Bali United. Danilenko sendiri, merupakan wasit yang mendapatkan lisensi FIFA Kyrgistan. Usianya masih sangt mudah kelahiran tahun 1987, dan baru mendapatkan licensinya di tahun 2016 lalu.

Meski begitu, seadil dan setegas apapun keputusan seorang wasit , masih tetap ada sedikit suara sumbang yang memprotes kinerja mereka. Greg Nwokolo misalnya, baru-baru ini saat timnya, Madura United menjamu Persija dengan skor yang berkesudahan imbang 1-1 itu, malah menuding jika Danilenko membuat keputusan kontroversial.

Pemain Persipura saat mencoba Lapangan Mandala Kota Jayapura. (Geis Muguri)

Menurut Greg, Danilenko membuat beberapa keputusan yang salah dan merugikan pemain. “jujur saja, babak pertama dia buat beberapa keputusan yang tidak adil. Beberapa kali ada pemain melakukan tekel keras yang akhiri karier pemain, tapi wasit cuek saja dengan hal seperti itu,” keluh Greg, seperti dilansir bolasport.com.

Kini kita nantikan saja kiprah dan kepemimpinan dari Spartak Danilenko saat memimpin laga Persipura diStadion Mandala, besok. Semoga dengan kepemimpinan wasit asing mampu menjawab keluhan atas kinerja buruk wasit lokal setiap kali menjadi penghakim di laga besok. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)