Masyarakat Papua Diminta Kembali Aktifkan Poskamling

0
62
Anggota Satlinmas pada Satpol PP Papua, saat mengikuti kegiatan pelatihan di Aula Diklat Kemensos Papua, Tanah Hitam, Kota Jayapura, Kamis kemarin. (Erwin)

Anggota Satlinmas pada Satpol PP Papua, saat mengikuti kegiatan pelatihan di Aula Diklat Kemensos Papua, Tanah Hitam, Kota Jayapura, Kamis kemarin. (Erwin)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Guna menggantikan peran dan fungsi Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) yang peran aktifnya sudah tak kelihatan, masyarakat diminta kembali mengaktifkan Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) di masing-masing wilayahnya.

Hal ini disampaikan Gubernur Papua, Lukas Enembe dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Pemprov Papua, Alex Korwa, pada penutupan pelatihan dasar bagi Anggota Satlinmas, kemarin, di Jayapura.

Dengan diaktifkan Poskamling, lanjut dia, kita dapat memastikan keadaan lingkungan menjadi lebih aman dan terkendali.

“Yang pasti, pemerintah provinsi terus berupaya memastikan keadaan lingkungan aman melalui beberapa program kegiatan. Diantaranyamembina dan membentuk Satlinmas di setiap tingkatan baik dari Provinsi sampai di tingkat Kampung dan Kelurahan,” katanya.

“Hanya saja bila belum terbentuk maka diminta untuk membentuk Poskamling yang diisi oleh seluruh masyarakat setempat, supaya bisa menghalau hal-hal yang tak diinginkan di wilayahnya,” kata dia.

Sementara kepada anggota Satlinmas yang baru dilantik, diharapkan mulai menyiapkan diri untuk melaksanakan tugas dalam mengamankan Pilkada Serentak pada 2018 mendatang.

Hal itu sesuai amanat yang dituangkan dalam Peraturan Mendagri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satlinmas dalam penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan Pemilu.

Lukas juga mengimbau TNI dan Polri agar dapat menopang dan mendukung keamanan mulai dari kampung dan kelurahan, serta mendukung tugas-tugas anggota Satlinmas pada setiap Poskamling yang ada di Kabupaten dan Kota.
“Sebab perkembangan situasi politik saat ini dapat menimbulkan kerawanan konflik internal di tengah-tengah masyarakatnya,” ucapnya.

“Sehingga kewaspadaan dini masyarakat juga perlu ditingkatkan untuk menepis segala provokasi dari pihak-pihak yang tak bertanggungjawab,” imbaunya.

Sebelumnya, Kepala Satpol PP Papua Alex Korwa didampingi Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Linius Waimbo dan Ketua Panitia Penyelenggara Yoseph Narahawarin, melantik 30 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat Papua. Pelantikan diakhiri dengan penyerahan sertifikat kelulusan kepada 30 peserta tersebut. (Erwin/Koran Harian Pagi Papua)