Solidaritas Pemuda BTI Dukung PSU Dengan Bagi Selebaran Ajakan

0
6
Tampak sejumlah pemuda adat Kabupaten Jayapura sedang membagikan brosur. (Irfan)

Tampak sejumlah pemuda adat Kabupaten Jayapura sedang membagikan brosur. (Irfan)
SENTANI (LINTAS PAPUA) – Langkah pemuda di Kabupaten Jayapura yang tergabung dalam wadah Solidaritas Pemuda Bhinneka Tunggal Ika (BTI) untuk mensukseskan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Jayapura pada tanggal 23 Agustus 2017, dilakukan dengan membagi selebaran ajakan ke TPS.

Solidaritas Pemuda Bhinneka Tunggal Ika yang terdiri dari OKP-OKP seperti DPD KNPI Kabupaten Jayapura, MPI Kabupaten Jayapura, ISNU Kabupaten Jayapura, PPAPRI Kabupaten Jayapura, GMKI Cabang Sentani, Forum Pemuda Peduli Pembangunan Kabupaten Jayapura, Pemuda Gereja, Pemuda Masjid dan Aliansi Pemuda Adat Kabupaten Jayapura ini sukses menggelar aksi pembagian selebaran atau brosur untuk mendukung pelaksanaan PSU tersebut, Selasa (22/8/2017) kemarin.

Koordinator Solidaritas Pemuda Bhinneka Tunggal Ika, Jimmy Yoku menjelaskan, dirinya bersama elemen pemuda lainnya ingin pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Jayapura yang telah ditetapkan oleh KPU Provinsi Papua selaku KPU Kabupaten Jayapura pada 23 Agustus 2017 itu dapat berjalan dengan baik, aman, lancar dan damai.

“Kami melakukan aksi dan gerakan moral ini dengan cara membagikan selebaran dan brosur imbauan untuk mendukung pelaksanaan PSU di sejumlah titik konsentrasi massa atau pusat keramaian yang ada di daerah ini,” ujar Jimmy Yoku, didampingi Presiden PAM GKI Klasis Sentani Denny K. Rambi, Sekretaris GMKI Cabang Sentani Edmound Karuway dan Ketua ISNU Kabupaten Jayapura, Ahmad Mombay, S.Pd, di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (22/8/2017).

“Aksi pembagian selebaran dan brosur ini dilakukan di Pertigaan Lampu Merah Bandar Udara (Airport) Sentani, Pertigaan Lampu Merah Pasar Lama Sentani serta Pertigaan Jalan Sosial sampai Pertigaan Mata Jalan depan Gedung Serba Guna (GSG) Wanita-Thabita dan Pasar Baru Pharaa Sentani,” tutur Jimmy Yoku yang juga menjabat sebagai Ketua MPI Kabupaten Jayapura.

Suasana membagi brosur di pinggir jalan. (Irfan)

Tidak hanya itu, Jimmy menambahkan, bahwa aksi dan gerakan moral yang digelarnya bersama Aliansi Pemuda Adat dan puluhan pelajar SMA Kelas XII itu juga bertujuan untuk mengimbau kepada seluruh masyarakat atau pemilih agar dapat menggunakan hak pilih dan hak suaranya dalam pelaksanaan PSU Pilkada Kabupaten Jayapura yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus 2017 (hari ini) dengan mendatangi setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing.

“Supaya mereka memilih sesuai hati nurani dan lebih objektif dengan pilihannya. Sehingga arah kepemimpinan Kabupaten Jayapura untuk lima (5) tahun kedepan akan mencapai titik puncak prestasi,” jelasnya.

Menurut Jimmy, dengan adanya aksi dan gerakan moral untuk mendukung pelaksanaan PSU Pilkada Kabupaten Jayapura ini merupakan aksi spontanitas dari Solidaritas Pemuda Bhinneka Tunggal Ika yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap proses Pilkada di Kabupaten Jayapura.

“Sehingga kami yang terhimpun dalam wadah ini memiliki niat, bagaimana mendorong gerakan aksi moral untuk menggerakkan hati rakyat guna datang ke TPS dalam rangka mensukseskan pelaksanaan PSU pada tanggal 23 Agustus 2017 (hari ini) yang telah ditetapkan oleh KPU Papua selaku KPU Kabupaten Jayapura,” tuturnya.

Jimmy melanjutkan, bahwa adanya anak-anak sekolah (siswa SMA) yang hadir dalam aksi tersebut, merupakan bagian dari pemilih pemula.

“Kalau ada bahasa-bahasa miring yang dibilang melibatkan anak-anak sekolah itu, tentunya anak-anak sekolah ini bagian dari pada pemilih pemula. Karena mereka ini sudah mempunyai hak dan juga mereka bagian dari pada elemen masyarakat yang ikut merasakan terhambatnya proses Pilkada ini,” ungkapnya.

“Pasti mereka juga punya kepedulian yang tinggi, sehingga proses ini harus jalan. Maka itu kita sebagai masyarakat juga harus mendukung bahwa anak-anak sekolah punya keprihatinan yang mendalam,” katanya.

Dirinya berharap, seluruh masyarakat, khususnya pemuda yang hadir dapat berperan aktif mensukseskan pelaksanaan PSU Pilkada Kabupaten Jayapura, tanggal 23 Agustus 2017.

Dengan adanya aksi dan gerakan moral ini, pihaknya mengajak semua masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan PSU besok (hari ini).

“Jadi, tidak ada kepentingan lain-lain dalam aksi dan gerakan moral tersebut, juga tidak ada kepentingan dari pasangan calon (Paslon) tertentu yang kami titip lewat aksi itu. Namun, bagaimana kami menggerakkan masyarakat untuk bisa menggunakan hak pilihnya pada saat tanggal 23 Agustus besok (hari ini),” tukasnya.

Kelima Kandidat Bupati Kabupaten Jayapura. (Foto Repro Suara Perempuan Papua)

Senada dengan hal itu, Presiden PAM GKI Klasis Sentani, Denny K. Rambi menjelaskan, aksi dan gerakan moral ini sendiri dilakukan dengan cara membagi-bagikan selebaran dan brosur kepada seluruh masyarakat di Kota Sentani-Kabupaten Jayapura.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi dan mengimbau serta mengajak kepada masyarakat atau pemilih, agar dapat menggunakan hak pilih dan hak suara mereka dalam PSU Pilkada Kabupaten Jayapura pada tanggal 23 Agustus 2017 (hari ini) di setiap TPS masing-masing.

Dirinya berharap, kepada semua masyarakat untuk saling bergandengan tangan guna bersama-sama menyukseskan kegiatan PSU tersebut, sehingga dapat berjalan dengan baik, aman dan damai serta demokratis, harap Denny K. Rambi yang juga mewakili Pemuda Gereja di Kabupaten Jayapura. (Irfan / Koran Harian Pagi Papua))