Sinergikan Adat dan Pemerintah, ALPA Kab. Jayapura Gelar Raker I

0
102
Ilustrasi Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, didampingi Ketua ALPA Kabupaten Jayapura Herman Oyaitouw dan Sekretaris ALPA Kabupaten Jayapura Adolof M. Sanuel. (ISTIMEWA)

Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, didampingi Ketua ALPA Kabupaten Jayapura Herman Oyaitouw dan Sekretaris ALPA Kabupaten Jayapura Adolof M. Sanuel. (ISTIMEWA)
SENTANI (LINTAS PAPUA) – Aliansi Pemuda Adat (ALPA) Kabupaten Jayapura menggelar Rapat Kerja (Raker) I. Bertempat di Obhee Ondofolo Frits M. Felle, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, pengurus ALPA Kabupaten Jayapura yang terdiri dari pemuda dan pemudi adat Kabupaten Jayapura itu membahas program kerja untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura.

Kegiatan raker yang mengangkat tema, Membangun Jati Diri Pemuda Adat Kabupaten Jayapura dari Kampung Menuju Kota, dibuka oleh Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, melalui Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, didampingi Ketua ALPA Kabupaten Jayapura Herman Oyaitouw dan Sekretaris ALPA Kabupaten Jayapura Adolof M. Sanuel.

Usai membuka kegiatan Raker, Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos, M.KP, berharap kegiatan rapat kerja (Raker) I dari ALPA ini dapat menghasilkan program-program yang sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Saya berharap kegiatan raker ini bisa merumuskan dan menghasilkan program yang sejalan dengan visi dan misi pemerintah. Sehingga berbagai program pemerintah, khususnya tentang kebangkitan masyarakat adat (KMA) tersebut dapat terwujud dengan nyata,” ujar Abdul Rahman Basri, S.Sos., dalam sambutannya.

Edmon Karuway, salah satu peserta yang ikut dengan latar belakang spanduk ALPA Kabupaten Jayapura. (istimewa)

Menurut Abdul Rahman Basri, bahwa peran pemuda (ALPA) sangat penting bagi kelanjutan pembangunan di Kabupaten Jayapura, terutama dalam mendorong kebangkitan masyarakat adat (KMA) yang sudah dicanangkan oleh pemerintah daerah beberapa tahun lalu.

“Untuk itu, ALPA harus berdiri di garda terdepan untuk mensukseskan serta mendorong seluruh kebijakan pemerintah dalam hal ini visi dan misi Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, menuju Jayapura Baru yang berjati diri dan berkearifan lokal,” pesannya.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua ALPA Kabupaten Jayapura, Herman Oyaitouw mengatakan rapat kerja (Raker) ini bertujuan untuk membahas masa kepengurusan selama tiga tahun kedepan dan juga program kerja pengurus kedepannya.

Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura. (istiimewa)

“Namun yang paling inti dari kegiatan Raker I ini adalah untuk mensinergikan program pemerintah dengan program dari ALPA. Supaya visi dan misi atau kebijakan yang dijalankan pemerintah daerah saat ini dapat diwujudkan bersama-sama,” kata Herman Oyaitouuw.

Mantan Ketua HPPM – TM ini mengakui, selama ini pihaknya menyadari hanya pemerintah yang berdiri atau berperan dalam mendukung kebangkitan masyarakat adat.

“Atas dasar itu, saat ini kami (Alpa) menggelar kegiatan rapat kerja yang pertama agar dapat mendukung juga mensukseskan program pemerintah, khususnya visi dan misi bapak Bupati tentang kebangkitan masyarakat adat, sampai selesainya masa kepemimpinan kami,” tutur Pria Yokari asal Kampung Kantumilena ini.

Herman menambahkan, pemuda adat Kabupaten Jayapura sebagai generasi penerus harus bahu membahu mensukseskan pikiran besar dari Bupati Jayapura Mathius Awoitauw.

Peserta Rapat Kerja I Aliansi Pemuda Adat (ALPA) Kabupaten Jayapura. (istimewa)

“Karena, hanya kita sendiri yang bisa merubah daerah kita. Oleh sebab itu, saya mengajak kepada seluruh pemuda adat untuk mari bersama-sama, mendukung kebijakan bapak bupati. Sehingga pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jayapura ini dapat terwujud dengan nyata,” demikian harapan Mantan Ketua Asosiasi Mahasiswa Mamberamo Tami (Asmamta) ini. (Irfan /Koran Harian Pagi Papua)