KPU Papua Dinilai Jadi Penentu Finalnya Dukungan Calon Gubernur

0
46

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pengamat Politik Pemerintahan Papua, Marinus Yaung mengatakan, bahwa sebuah keputusan politik untuk sah tidaknya dukungan Partai Politik ditentukan oleh KPU Papua sebagai penyelenggara Pemilihan Gubernur Papua 2018, setelah semua berkas dukungan dilakukan verifikasi terhadap bakal calon menjadi calon..

“Kalau memang ada yang mengklaim dari Partai Demokrat, maka hal ini adalah untuk memenngkan opini public dan membangun wacana dlam masyarakat, akan tetapi belum tentu hal tersebut juga bisa benar sebelum ada keputusan yang final sifatnya,” ujar Marinus Yaung, saat dikonfirmasi, Minggu (20/8/2017).

Dijelaskan, bahwa hingga kini dirinya juga belum melihat adanya keputusan final dari Partai – Partai politik terhadap para kandidat yang muncul di Papua, karena jika ada keputusan politik dukungan kepada para kandidat sudah tentu ketua dan sekretaris Partai Politik yang harus tandatangan surat tersebut.

“Saran saya kepada kandidat John Wempi Wetipo dan Paulus Waterpauw atau siapa saja untuk tidak berkecil hati , karena secara politik untuk dukungan yang sah belum ada kepada siapapun, sehingga setiap orang harus dihargai untuk masuk dalam sebuah pesta demokrasi dengan menantikan keputusan yang final dari KPU Papua,” ungkapnya.

Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH., saat memberikan keterangan pers. (Eveerth Joumilena/LintasPapua.com)

Ditambahkan, bahwa sebelum adanya keputusan, maka tidak perlu ada klaim mengklaim, sebab bukan rahasia umum dalam sebuah politik selalu bisa berubah dalam sekejap, yakni dukungan Parpol juga bisa berubah.

“Tentunya dalam tingkatan pengesahan yang diterima, semuanya jugaa akan diverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum Papua, artinya akan melihat surat – surat dukungan apakah dari Ketua dan Sekretaris yang sah atau bukan, sebab kalau hanya wakil dan atau sekretaris, tentunya belum menjadi sebuah pengesahan dan harus diklarifikasi, sebab nya semua keputusan final untuk dukungan akan ditentukan oleh KPU Papua setelah melihat berkas –berkas dari para calon Gubernur Papua,” tutur Akademisi Universitas Cenderawasih ini.

Sementara itu, Terkait dengan penyataan fraksi Demokrat DPD Papua dalam padangan fraksi Demokrat Papua pada rapat paripurna DPRP, Jumat pekan lalu yang menyatakan telah mendapat dukungan 10 parpol dalam bentuk rekomendasi untuk mengusung calon ketua DPD Demokrat Papua Lukas Enembe langsung disikapi sejumlah pengurus Partai.

Partai gerindra lawat ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patri kepada wartawan di Jakarta Riza Sabtu (19/8), membantah pernyataan fraksi demokrat, bahkan Riza menegaskan sejauh ini Partai pimpinan prabowo ini

“Memang ada tiga nama , ada nama yaitu Lukas Enembe, Paulus Waterpuaw dan John Wempi Wetipo, tapi belum diputuskan calon Gubernur Papua yang bakal di usung,” kata Riza di Jakarta.

Sejauh ini kata Riza pihak partai masih terus menjaring sosok-sosok yang akan diusung di Tanah Cenderawasih tersebut. Internal Gerindra juga masih melakukan pembahasan serta berbagai pertimbangan dengan mendengarkan pendapat dari pengurus Partai Gerindra yang ada di Papua.

JWW Saat mengambil formulir di kantor PDIP. (ISTIMEWA)

“Nantinya kalo sudah final baru DPP Gerindra yang bakal mengambil keputusan, siapa calon yang bakal di usung,” tegas Riza.

Bantahan juga datang dari pengurus DPD partai Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Papua yang menyatakan sejauh ini partai PPP belum mengeluarkan rekomendasi untuk mengusung calon gubernur Papua.

“Sampai saat ini, PPP belum mengaluarkan rekomendasi untuk mengusung calon Gubernur Papua,” tutur Surahmat DPD PPP Papua.

Menurut Surahmat, sejauh ini tahapan penjaringan masih berjalan, dan ada sejumlah nama masuk dalam penjaringan yaitu Lukas Enembe, Paulus Waterpuaw dan John Wempi Wetipo.

Sementara itu bantahan juga di sampaikan bendahara Partai PAN Sunartoyo, yang menyatakan Partai PAN belum mengeluarkan rekomendasi untuk mengusung calon gubernur Papua.

Hal tersebut di sampaikan Sunartoyo saat pertemuan dengan Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Repoblik Indonesia (GNPK-RI) di Jakarta Sabtu (19/8/2017).

Hal senada juga di akui oleh DPP PKB Korwil Papua, H.Rasta Wiguna yang mengatakan, hingga saat ini PKB belum menyatakan dukungan untuk mengusung calon gubernur Papua karena masih dalam pembahasan.

“Sampai detik ini tdk ada rekomendasi yg dikeluarkan krn belum d bahas,” kata Rasta Wiguma.

Paulus Waterpauw (Istimewa)

Sebelumnya, Ketua Fraksi Demokrat Papua, Carolus K Bolly, SE, MM., pada laporan pandangan fraksi demokrat pada rapat paripurna DPRP Papua Jumat (18/9), Menyampaikan bahwa ketua DPD Demokrat Papua Lukas Enembe telah di dukung 10 partai dalam bentuk rekomendasi dalam pencalonan pilgup papua. Partai yang di sebut telah memberikan dukungan rekomendasi yaituu, PAN, PKPI, Nasdem, Golkar, Hanura, PKS, PKB, PPP dan Gerindra. (*)