Lukas Enembe Sekolahkan 62 Anak Asli Papua ke STT PLN Jakarta

0
15
62 putera-puteri asli Papua yang diserahkan kepada Sekolah Tinggi Teknik (STT) PLN Jakarta, oleh Gubernur Lukas Enembe, Jumat kemarin, di Jayapura. (Erwin)

Putra dan putri alumni beasiswa Pemprov Papua, saat berdialog dengan Gubernur Lukas Enembe di Gedung Negara Dok V Atas Jayapura, Jumat kemarin. (Erwin)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Dalam rangka menyambut rencana pengembangan potensi energi terbarukan di Bumi Cenderawasih, Pemerintah Provinsi Papua merasa perlu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) guna menukung rencana besar pemerintah pusat itu.

Sehingga pada Jumat (18/8/2017) kemarin di Gedung Negara, 62 putera-puteri asli Papua ini diserahkan kepada Sekolah Tinggi Tehnik (STT) PLN Jakarta, oleh Gubernur Lukas Enembe. Sejumlah siswa dan siswi ini nantinya akan mengenyam pendidikan selama tiga tahun dengan jurusan informatika, elektro dan mesin.

“Makanya dengan disekolahkannya 62 anak asli Papua ini, kita harap setelah selesai bisa kembali mengabdi di daerah. Sebab nantinya kalian akan ditempatkan di seluruh tanah Papua untuk mendukung pemerintah pusat membangunan energi terbarukan di kabupaten dan kota Bumi Cenderawasih,” terang Lukas dalam arahannya disela-sela kegiatan itu.

Gubernur berharap, kepada para siswa dan siswi yang dikirim ke STT PLN, agar tak hanya memiliki daya saing, tetapi wajib bermental baja supaya mampu berkompetisi dengan pelajar lainnya.

“Tapi yang tak kalah penting adalah harus menjaga sikap dan menjaga nama baik Papua,” katanya.

“Supaya kalian pun dihormati oleh orang lain yang mengenyam pendidikan di STT PLN. Sebab satu hal yang pati bahwa pendidikan bagi anak Papua itu penting. Dan suatu waktu ketika mungkin saya sudah pensiun dari dunia politik, ada keinginan besar melihat banyak anak-anak Papua berhasil. Ini Sehingga saya harap anak-anak Papua jangan sia-siakan kesempatan yang diberikan,” imbaunya.

Sementara Perwakilan STT PLN, Iriansyah Sangadjimenyambut baik kerja sama dengan Pemprov Papua. Sebab dia menilai isu energi dan kelistrikan saat ini sudah bukan lagi menjadi isu nasional tetapi global.

62 putera-puteri asli Papua yang diserahkan kepada Sekolah Tinggi Tehnik (STT) PLN Jakarta, oleh Gubernur Lukas Enembe, Jumat kemarin, di Jayapura. (Erwin)

“Apalagi sekarang ini pemerintah pusat sedang mempercepat pembangunan program kelistrikan 35 ribu MW.Yang mana dalam upaya mewujudkannya butuh tenaga atau sumber daya manusia yang banyak. Sehingga kita sambut baik kerja sama seperti ini,”katanya.

Ia menambahkan, 62 siswa asal Papua ini akan coba ditempatkan di semua jurusan, baik sipil, informatika, mesin, elektro sampai dengan bidang instalasi.

“Sehingga mudah-mudahan apa yang kita cita-citakan dan harapkan dari para siswa maupun siswi ini dapat terlaksana. Bahkan untuk setiap semester, kami dari STT PLN Jakarta akan melaporkan perkembangan akademis para pelajar Papua ini sehingga bisa dipantau oleh Pemda Papua,” tutupnya. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)