Alumni Beasiswa Pemprov Papua Diimbau Kembali Mengabdi

0
10
Putra dan putri alumni beasiswa Pemprov Papua, saat berdialog dengan Gubernur Lukas Enembe di Gedung Negara Dok V Atas Jayapura, Jumat kemarin. (Erwin)

Putra dan putri alumni beasiswa Pemprov Papua, saat berdialog dengan Gubernur Lukas Enembe di Gedung Negara Dok V Atas Jayapura, Jumat kemarin. (Erwin)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP mengimbau, para alumni beasiswa pemerintah provinsi untuk kembali ke Bumi Cenderawasih dan mengabdi membangun daerah. Hal ini disampaikan Gubernur Lukas, di Jayapura, Jumat (18/8/2017) kemarin.

Dia menilai, kemampuan anak-anak Papua terutama alumni beasiswa Pemprov lulusan luar negeri sangat cakap, sehingga diyakini bakal mampu menyumbangkan banyak pemikiran untuk pembangunan di negeri ini.

Salah satunya, seorang putri asal Papua yang mampu meraih gelar doktor di Nort Carolina State University USA, Yane Ansanay dan kini telah menjadi dosen di Fakultas MIPA Universitas Cenderawasih.

“Yang pasti saya nilai anak-anak Papua yang bersekolah di luar negeri ini mereka luar biasa. Makanya, sekali lagi saya minta mereka untuk kembali dan mengabdi di Papua. Sehingga apa yang dilakukan adik Yane Ansanay yang kini mengabdi di Uncen sangat positif. Ini patut ditiru oleh alumni beasiswa Pemprov lainnya,” ajaknya.

Lukas mengatakan, mulai masa kepemimpinannya sebagai kepala daerah, dirinya sudah memberi perhatian yang besar terhadap anak-anak asli Papua yang ingin mengenyam pendidikan di luar negeri.

Dengan demikian, dia berharap supaya semakin banyak anak-anak Papua yang cakap dan mampu menjadi pemimpin masa depan, baik di Bumi Cenderawasih maupun Indonesia secara umum.

Plt Kepala Biro Otsus Setda Provinsi Papua, Aryoko AF Rumaropen mengatakan sampai saat ini tercatat sebanyak 245 mahasiswa dan mahasiswi yang tengah mengikuti program beasiswa pendidikan dalam maupun luar negeri.

Pihaknya berharap seluruh siswa ini nantinya dapat lulus tepat waktu dan kembali ke Papua membagikan ilmu yang dipelajari kepada generasi muda selanjutnya diatas tanah ini.

Sementara Alumni beasiswa Pemprov Papua di North Carolina State University USA, Yane Ansanay Ph.D yang lulus pada 2015 lalu mengajak para generasi muda yang diberi kesempatan menimba ilmu di dalam dan luar negeri oleh pemerintah daerah agar tidak menyia-nyiakan kesempatan itu.

“Yang pasti banyak orang yang ingin mendapat kesempatan seperti teman-teman namun tidak bisa. Karena itu, saya imbau untuk rajin belajar sebab jika ada kemauan pasti adalah jalan keluar,” terangnya.(Erwin / Koran Harian Pagi Papua)