Wali Kota BTM Pastikan Papua Tetap Bagian Dari Indonesia

0
46

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 tahun, Walikota Jayapura memastikan Papua adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bentangan bendera merah putih raksasa berukuran 50 x 20 meter dikibarkan digunung Vanggasgo yang berada di pusat Kota Jayapura, di ketinggian 78 meter diatas permukaan laut.

“Saya mau pastikan bahwa tidak adalagi bendera lain yang berkibar selain bendera merah putih, maka ini kita menanamkan kepada anak didik kita, terutama Paud, TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi bahwa Bendera Merah Putih adalah Bendera Negara Kita yang harus di hormati dan menjunjung tinggi yang harus berada ditanah papua, khususnya di Kota Jayapura, Mari kita cinta dengan negara kita,” Tegas Orang nomor satu di Kota Jayapura, usai memimpin upacara pengibaran bendera raksasa, Rabu 16 Agustus 2017.

Menurutnya, pengibaran bendera merah putih di Puncak Gunung Vanggasgo, memiliki daya tarik tersendiri karena berada di tengah Kota Jayapura yang yang dapat dilihat secara langsung oleh seluruh masyarakat Kota Jayapura.

Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM. (Elsye Sanyi)

“Dari ketinggian ini kita bisa menyaksikan keindahan Kota Jayapura, dari Timur Indonesia, Kota Jayapura adalah ibukota Provinsi Papua yang berbatasan langsung dengan papua nugini, dengan masyarakat yang heterogen ingin menunjukan bagi Indonesia bahwa Kota Jayapura adalah bagian yang tak terpisahkan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia,”tambah Walikota Jayapura.

Walikota mengajak seluruh komponen masyarakat papua khususnya Kota Jayapura agar di hari ulang tahun RI ke-72 Tahun, agar mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan kepada bangsa indonesia khususnya tanah papua untuk selalu mencintai negara kita.

Sementara itu, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1701 Jayapura, Letkol Inf. Nova Ismailyanto,S.Sos mengatakan pembentangan ini dalam rangka memerahkan HUT RI ke-72 tahun, Selain ditengah Kota Jayapura, diwilayah kawasan perbatasan Indonesia dan Papua Nugini telah di pasang bendera merah putih sepanjang 25 kilometer, yang dipasang sepanjang jalan.

“Selain di Kota Jayapura, diwilayah lain, dikawasan perbatasan kita telah memasang bendera disepanjang jalan sejauh 25 kilometer,”jelas Dandim 1701 Jayapura.

Pengibaran bendera merah putih raksasa, di lakukan dengan upacara bendera, yang dihadiri Muspida, Pimpinan OPD Pemerintah Kota Jayapura, TNI/Polri dan masyarakat Kota Jayapura. (Humas Pemerintah Kota Jayapura)