Setelah Diaktifkan, Gubernur Perintahkan Bupati Bayarkan Hak Anggota DPRD Mimika

0
9

Suasana Gubernur Papua saat jumpa pers di Gedung Negara (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Gubernur Papua Lukas Enembe mengaku sudah menandatangani surat keputusan pengaktifan kembali Anggota DPRD Mimika yang sebelumnya dinonaktifkan Bupati setempat.

Surat Keputusan pengaktifan kembali ditandatangani oleh Gubernur Papua Lukas Enembe pada Senin (14/8/2017) di Jayapura.

Dengan ditandatanganinya surat tersebut, Gubernur Papua berharap Bupati Mimika segera melaksanakan dan menindaklanjuti surat keputusan penonaktifan tersebut, sekaligus membayarkan seluruh hak-hak mereka.

”Keputusan penonaktifan ini sudah dikoordinasikan dengan Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Sonny Sumarsono. Kami sepakat untuk aktifkan kembali DPRD Mimika yang sempat fakum sekitar setahun lebih itu,” terang Lukas di Jayapura, Selasa (15/8/2017).

Sebelumnya, Gubernur Lukas mengaku sudah berbicara langsung dengan Bupati Mimika Eltinus Omaleng dan meminta dilakukan upaya percepatan untuk mengaktifkan kembali Anggota DPRD terpilih setempat.

Keberadaan Anggota DPRD, akan memaksimalkan fungsi legislasi, sehingga proses pembangunan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Kabupaaten Mimika dilihat dari ketinggian .(Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Sementara Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sonny Sumarsono, Selasa (15/8/2017) kemarin mengunjungi Mimika untuk mendalami situasi yang terjadi.

Pihaknya baru akan melakukan monitoring terlebih dahulu, sekaligus melakukan diskusi dengan Anggota DPRD Mimika maupun Pemda setempat.

Sekedar diketahui, Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, pada Juni 2016 lalu resmi membekukan DPRD setempat, bahkan menolak memberikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ).

Pimpinan daerah di Mimika tersebut berdalih keberadaan anggota DPRD tak sah pasca putusan PTUN. Pada akhirnya, 35 anggota DPRD setempat tidak bisa menjalankan tugas dan fungsinya. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)