Gubernur Lukas Enembe Ajak Masyarakat Wujudkan Cita-Cita Kemerdekaan RI

0
3
Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH.,, dalam sebuah kesempatan.(Erwin)


Kepsen : Gubernur Papua Lukas Enembe menyampaikan pidato memperingati HUT Kemerdekaan ke – 72 RI, Selasa kemarin. (Erwin)
JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Provinsi Papua mengajak semua pihak baik seluruh unsur, baik TNI/Polri, pelaku usaha, dan masyarakat untuk bersinergi melakukan segala daya dan upaya, mewujudkan cita-cita kemerdekaan NKRI.

“Sebab dengan dengan persatuan dan solidaritas, maka kita semua bisa bekerja dengan lebih baik. Sehingga tahun depan diyakini kondisi kita akan lebih baik lagi,” terang Gubernur Papua Lukas Enembe, dalam pidato memperingati HUT Kemerdekaan ke – 72 RI, Selasa (15/8/2017), di Jayapura.

Menurut Lukas Enembe, dalam pelaksanaan pembangunan tahun ini, pihaknya mencanangkannya sebagai fase menuju kesejahteraan, dengan tema “Bersama Rakyat, Melanjutkan Karya Memantapkan Kemandirian Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat Papua”.

Sehingga demikian, tahun ini dinyatakan sebagai waktu yang tepat untuk memastikan pencapaian target pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Papua tahun 2013-2018.

“Yang pasti pembangunan yang kita sudah laksanakan kali ini sudah berada pada arah dan jalur yang benar. Dimana hal itu tentunya berimplikasi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat”.

“Hal ini juga bisa dilihat dalam laporan BPS yang menunjukan, perekonomian Papua pada triwulan II 2017 mengalami pertumbuhan positif sebesar 4,91 persen. Dimanapertumbuhan ekonomi ini berkorelasi positif terhadap peningkatan kesejahteraan yang tergambar pada antara lain, terjadinya penurunan angka kemiskinan dari 28,54 persen tahun 2016 menjadi 27,62 persen di bulan Maret 2017.Kemudian Tingkat Pengguran Terbuka (TPT) menurun menjadi 3,96 persen di tahun 2017 dibandingkan tahun 2015 yang mencapai 3,99 persen,” terang dia.

Lanjut Lukas, pencapaian pembangunan itu didukung oleh pembangunan bidang infrastruktur dan konektivitas antara lain, pembangunan dan peningkatan jalan dan jembatan, pembangunan dan peningkatan lapangan terbang, serta pembangunan dan penyediaan sarana transportasi darat, laut dan udara, pemenuhan energi listrik, pemenuhan air bersih dan telekomunikasi.

“Yang pasti pelaksanaan pembangunan seluruh program dan kegiatan yang dilakukan harus sebesar-besarnya bisa berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Papua khususnya Orang Asli Papua,” katanya.

“Sehingga kita akan tetap melanjutkan program Gerbangmas Hasrat Papua dalam rangka perwujudan GEMAS (Generasi Emas Papua), Perwujudan BERDAYA EKOMAS (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat), serta perwujudan pemenuhan infrastruktur dan prasarana dasar,” tandasnya. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)