Yulce Enembe Akui Masalah Geografis Hambat Pendataan Dasawisma

Ketua TP. PKK Provinsi Papua, Yulce Enembe. (Istimewa)
TIMIKA (LINTAS PAPUA) – Ketua TP. PKK Provinsi Papua, Yulce Enembe mengakui masalah geografis menjadi hambatan dalam pendataan dasa wisma. Dasa wisma sendiri merupakan kelompok ibu-ibu dari 10 kk dan bertetangga untuk mempermudah jalannya suatu program.

“Memang program ini tidak mungkin dilakukan sekali jalan tetapi harus bertahap. Namun PKK harus berupaya menjalankan sebab program ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan keluarga,” terang Yulce Enembe sebagaimana rilis yang diterima harian ini, pada pertemuan dengan TP Penggerak PKK Kabupaten Mimika, di Timika, Kamis (10/8) malam.

Menurutnya, pendataan dasa wisma baru-baru ini sudah dilakukan di Kabupaten Sarmi, dimana telah terdata kurang lebih 200 kk. Oleh karena itu, diharapkan setiap PKK Kabupaten/Kota agar mampu menggiatkan pendataan tersebut, agar setiap program yang dibuat mampu berjalan dengan baik.

“Saya harap seluruh kabupaten bisa melakukan pendataan dasa wisma, sehingga setiap program PKK yang diturunkan bisa berjalan baik. Sebab dasa wisma ini akan berintegrasi juga dengan Posyandu,” katanya.

“Sebab bila pendataan ini dilakukan dengan baik, hasilnya akan dinikmati di tahun tahun mendatang. Sedangkan bila pendataan tidak jelas, kita yang akan mengalami kesulitan dalam melaksanakan setiap program,” terang dia.

Sementara terkait pertemuan dengan PKK Mimika, Yulce menambahkan kegiatan pertemuan seperti itu mesti sering dilakukan. Sehingga dapat disinergikan setiap program kerja yang telah dicanangkan sebelumnya.
“Karena tanpa ada koordinasi dan kerjasama baik, setiap program kerja yang direncanakan tak akan berjalan dengan maksimal”.
“Intinya PKK kabupaten tak bisa berjalan sendiri. Sehingga kami dari PKK Provinsi datang untuk membantu agar setiap program kerja yang dicanangkan bisa berjalan sesuai dengan harapan,” tutur dia.

Sementara Ketua TP. PKK Kabupaten Mimika, Pere Omaleng menyatakan pendataan dasa wisma sudah dilakukan pada sejumlah wilayah. Diantaranya di Distrik Mimika Timur dan Iwaka.

“Pendataan dasa wisma sudah jalan di Mimika dimana sebelumnya kita fokus di daerah pegunungan. Namun untuk tahun ini kita akan lebih fokus ke Mimika bagian pantai,” tuturnya. (win / Koran Harian Pagi Papua)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...