Inilah Kronologis Persipura Tertibkan Bali United 3 – 1 di Mandala

0
489
Persipura saat bermain di Lapangan Mandala melawan Bali United, dengan kemenangan 3 - 1
Persipura saat bermain di Lapangan Mandala melawan Bali United, dengan kemenangan 3 – 1. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Persipura tampil manis dan tertib dihadapan semua pendukungnya dengan meraih kemenangan 3-1 saat menjamu Bali United, pada pertandingan putaran kedua Liga 1 Gojek Traveloka pekan ke-18, yang berlangsung di Stadion Mandala Rabu sore (9/8) kemarin.

Kemenangan ini sekaligus merupakan  pertandingan perdana bagi Mauricio Leal, pemain asal Brazil tersebut membukukan pertahanan yang kuat, bagi kokohnya lini belakang Persipura yang dikawal Mauricio Leal dan Ricardo Salampessy. Dari penampilan perdana  bersama tim, Mauricio berhasil menciptakan asist akurat lewat kepalanya, sehingga memudahkan Addison Alves menciptakan gol dimenit ke-4.

Permainan Persipura sungguh luar biasa dalam pertandingan itu, bermain terbuka serta berani menerobos pertahanan Bali United, membuat lini bertahan Bali United yang dikawal Agus Nova Wiantara, AHN Byungkoen dan Dias Angga, kocar-kacir dalam menahan gempuran serangan  anak-anak “mutiara hitam”.

Lini tengah Persipura yang diisi oleh Imanuel Wanggai, Nelson Alom dan Ian Luis Kabes terlihat hidup, dalam memainkan perannya masing-masing. Ferry  Pahabol dan Boaz Solossa serta Addison Alves benar-benar menjadi momok yang menakutkan bagi  lini bertahan Bali United.

Bali United mencoba untuk mengimbangi permainan Persipura, dengan bermain agak sedikit bertahan, sehingga bisa menahan tim tuan rumah, Bali United juga sempat membuat beberapa kali peluang tetapi tidak membahayakan.

Justru pemain-pemain Persipura yang bermain secara konsisten selama 45 menit. Addison Alves kembali membubukan namanya dipapan skor, tepat menit ke 42 dipenguhujung laga babak pertama lewat aksi brilian dan kerja sama dirinya mampu menutup pertandingan babak pertama dengan skor sementara 2-0.

Memasuki babak kedua, Wanderley rupanya sudah memberikan strategi khusus bagi Boaz Solossa dan kawan. Lini belakang Persipura terlihat seperti tembok China, sehingga striker lawan sulit untuk memanjatnya. Striker Sylvano Dominique Caomvalius yang merupakan striker tersubur Bali United seperti beku, karena terkena ganasnya terkaman es pemain belakang Persipura.

Marcos Abel Flores Benard dan Irfan Harys Bachdim juga, tidak bisa berbuat banyak sepanjang babak kedua berjalan, dengan hanya sesekali menyerang. Peluang yang tercipta dari kaki pemain-pemain Persipura lumayan banyak, Boaz Solossa, Addison Alves, dan Imanuel Wanggai beberapa kali mengancam gawang Bali United yang dikawal Wawan Hendrawan.

Alves kembali mencatatkan namanya dipapan skor dimenit ke-53 babak kedua. Dengan gol ketiganya itu menghantarkan dirinya sebagai pencetak Ahtrick ketiga sepanjang pagelaran Liga 1 Gojek Traveloka. Setelah pemain Marque Player Madura United Mickael Odemwingie dan rekan setimnya Prisca Elisa Womsiwor.

Dibabak kedua Wanderley memasukan beberapa pemainnya, Prisca Womsiwor menggantikan Ferrynando Pahabol, Imanuel Wanggai digantikan Yanpiter Nasadit, Rony Beroperay masuk gantikan Ruben Karel Sanadi. Sedang dikubu Bali United Widodo C.Putro  memasukan Yandi menggantikan Steven Imbiri, Hasim Kipuw masuk, keluar Dias Angga Putra. Fadil digantikan Syakir.

Keasikan menyerang dan tidak ditutupnya cela dari pertahanan lini belakang Persipura  sehingga Bali United diujung pertandingan  tepat menit ke 85 membuat gol sehingga gol tersebut bertahan hingga pertandingan selesai dengan skor 3-1 bagi keunggulan tuan rumah Persipura Jayapura.

Sepanjang pertandingan 90 menit berjalan, Wasit Agus Fauzan berhasil mengeluarkan satu kartu kuning bagi Nelson Alom dan tiga kartu kuning lainnya diberikan oleh pemain Bali United Agus Nova Wiantara, Dias Angga Putra dan Marcos Abel Flores Benard.

Pelatih Bali United Widodo C.Putro  dalam keterangan persnya usai pertandingan, mengatakan, memang pertandingan tadi kami akui bahwa tim Persipura lebih baik dari kami Bali United sehingga bisa memenangkan pertandingan. Selamat buat tim Persipura yang sudah memenangkan pertandingan ini.

“Memang secara permainan pemain kami, agak tempo permainannya, karena suhu udara yang sangat luara biasa panas. Dengan suhu cuaca yang sangat panas itulah yang membuat pemain kita kehilangan percaya diri. Tapi perlahan-lahan pemain mulai menguasai pertandingan, tapi memang Persipura bisa memanfaatkan kesempatan untuk mencetak gol dan memenangkan pertandingan,”akunya.

Widodo menerangkan bahwa dengan cauac yang sangat panas sangat terasa sekali, saya juga yang berdiri diluar bisa merasakan suhu cuaca yang panas apalagi pemain yang bermain didalam lapangan. Namun memang inilah  sepakbola dan Persipura bisa memanfaatkan situasi seperti itu dan akhirnya Persipura bisa memenagkan pertandingan.

Semenatara itu pemain Bali United, Fadil mengucapkan selamat kepada Persipura yang sudah memenangkan pertandingan ini. “Dari hasil pertandingan ini juga nanti pelatih yang akan mengevaluasi untuk pertandingan kedepan, selamat buat Persipura,” ucapnya.

Pelatih Persipura Jayapura Wanderley Machoda da Silva mengatakan, terimkasih Tuhan atas kemenangan tadi semua sesuai dengan rencana Tuhan bagi tim kami. Saya sangat senang semua yang sudajj kita latihan dan apa yang menjadi keinginan semua terjadi hari ini dengan mengumpulkan tiga poin.

Wanderley menjelaskan memang ada beberapa kesalahan yang dilakukan, tetapi pemain kita bisa atur didalam lapangan dan beberapa peluang yang terjadi bisa dimanfaatkan oleh pemain kita untuk mencetak gol.

Persipura saat bermain di Lapangan Mandala melawan Bali United, dengan kemenangan 3 – 1. (Eveeerth /LintasPapua.com)

“Kita sangat gembira dan ada rasa syukur daro semua bahwa kita bisa menang 3-1 dan mengumpulkan 3 poin. Semua pemain bermain dengan sangat disiplin, Mauricio dia bisa mengerti apa yang dia kerjakan dalam lapangan dan cukup tenang, karena kita punya tim yang ofensif dan perlu dari lini belakang untuk disiplin pada posisi. Mauricio dia bisa mengatur situasi  permainan dengan Ricardo Salampessy,” ungkap Wanderley.

Untuk itu kedepan dia juga mengaku permainan masih panjang dan bukan saja disini kedepan kita akan melihat kekuarangan-kekuarangan yang terjadi selama pertandingan kita. “Puji Tuhan kita bisa memenangkan pertandingan ini dengan apa yang selama ini sudah kami kerjakan selama dilatihan dan hasilnya sangat luar biasa,” kata Wanderley. (Geis Muguri /Koran Harian Pagi Papua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here