500 Ibu di Kota Jayapura Antusias Ikut Kontrasepsi KB

0
6
Kepala DP3AKB Kota Jayapura, Betty A. Puy, SE. M.PA  (Elsye Sanyi)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Sebanyak 500 orang masyarakat Kota Jayapura di kalangan ibu-ibu sangat antusias mengikuti kegiatan tentang pemasangan alat kontrasepsi KB yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Jayapura, bertempat di Gedung Serba Guna Wyk VII Hamadi Gunung, Selasa (8/8/2017).

 

Kepala DP3AKB Kota Jayapura, Betty A. Puy, SE. M.PA mengatakan Program KB ini merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo.

 

“Pemasangan kontrasepsi KB harus ada persetujuan antara suami dan istri. Jika ada kesepakatan baru kita bisa pasang alat kontrasepsi KB tersebut. Jika tidak ada persetujuan dari Suami maka, kami tidak bisa langsung memasang alat Kontrasepsi KB tersebut,” kata Betty.

 

Menurutnya, jika alat Kontrapsi tidak dipakai nantinya dapat menimbulkan dampak buruk yang mengganggu tumbuh kembang anak.

 

“Hal itu bisa berdampak pada kehidupan keluarga, pendidikan anak. Sehingga perlu kita antisipasi mulai dari sekarang, diharapkan adalah setiap ibu wajib gunakan Alat Kontrasepsi KB untuk keberlangsungan hidup masa akan datang,” imbuhnya.

Kepala Dinas P3AKB Kota Jayapura, Betty A Puy, saat diwawancara di Kantor Wali Kota Jayapura. (Eveerth Joumilena /LintasPapua.com)

Dijelaskannya, pemasangan KB tersebut setiap 3 tahun sekali, jika alat KB kalau dianggap tidak sesuai bisa diganti lagi dengan yang baru.

 

Kegiatan pemasangan Kontrasepsi KB sudah diadakan di 5 Distrik sebelumnya yang berada di Kota Jayapura.

 

“Saya himbau kepada seluruh warga masyarakat wajib gunakan KB untuk masa depan keluarga yang lebih baik lagi, kedepan kegiatan ini akan terus kita tingkatkan baik dengan melakukan sosialisasi serta penyuluhan kepada masyarakat kota Jayapura,” paparnya.

 

Selain itu, kegiatan ini akan terus kita dilakukan  di distrik Jayapura utara, Abepura dan Heram,saya minta adanya dukungan semua elemen masyarakat yang ada di Kota Jayapura untuk bersama-sama membantu program pemerintah daerah.

 

Kegiatan ini adakan oleh Dinas Pemberdayaan perempuan perlindungan anak dan keluarga berencana kota Jayapura  bekerja  Dinas  Kota Jayapura dimana melibatkan kader-kader Posyandu.

 

“Tanpa dukungan semua pihak maka, program-program pemerintah tidak akan berjalan dengan optimal. Saya mengajak mari hidup sehat demi keluarga di masa yang akan datang,” tuturnya. (Elsye Sanyi /Koran Harian Pagi Papua)