Bangun Graha Pemilu, Bupati Mamteng Dapat Penghargaan Rekor MURI

Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, SH, M,Si., bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe, foto bersama dalam sebuah kegiatan. (Foto Facebook R. Ham Pagawak)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Bertempat di Museum Rekor Indonesia (MURI) Jakarta, pada Rabu (09/08/2017),  direncanakan akan dilakukan penyerahan Anugerah Penghargaan Rekor MURI kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Mamberamo dalam hal ini yang akan diterima oleh Ricky Ham Pagawak, SH, M,Si sebagai Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah dan Yonas Kenelak, S.Sos sebagai Wakil Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah.

 

 

Sesuai Surat Keterangan KPU RI Nomor : 887/SJ/VIII/2017 yang menyatakan bahwa Graha Pemilu Mamberamo Tengah adalah Graha Pemilu yang pertama di Indonesia dari 34 Provinsi dan 514 kabupaten/kota yang ada di Indonesia saat ini.

 

Direncanakan penyerahan Anugerah Penghargaan Rekor MURI tersebut akan diserahkan langsung oleh Jaya Suprana, Pendiri Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), sebuah lembaga pencatat Prestasi Superlatif Indonesia yang berdiri sejak tahun 1990.

 

“Graha Pemilu adalah sebuah bangunan terintegral bagi penyelenggara Pemilu di suatu daerah, yang terdiri dari bangunan lengkap bagi KPUD dan Panwaslu dan juga sejumlah fasilitas penunjang didalamnya, termasuk rumah staff,” kata Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak di Jakarta, Selasa (08/08).

 

Menurutnya, selama ini hampir di seluruh daerah di Indonesia, belum ada daerah yang memiliki fasilitas tersebut, karena lazimnya baik kantor KPUD maupun kantor Panwaslu menumpang di fasilitas Pemda ataupun sewa dan kontrak ruko, padahal kegiatan yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu hampir tidak berhenti lima tahun sekali saja, tetapi terus menerus dalam kurun waktu lima tahun, sehingga membutuhkan fasilitas pendukung yang memadai dan layak, tidak bersifat insidentil apalagi darurat.

 

Ricky Ham Pagawak, SH, M,Si sebagai Bupati Kabupaten Mamberamo Tengah

Dikatakannya, konsep Graha Pemilu ini sudah menjadi wacana di pusat juga di KPU RI dan Bawaslu, bahkan sudah ada master plan dan desain model bangunannya yang nantinya terstandar di seluruh Indonesia, namun hingga kini baik di tingkat pusat, provinsi maupun kabupaten lainnya di Indonesia belum ada yang mewujudkan agenda tersebut.

 

“Baru Kabupaten Mamberamo Tengah di era kepemimpinan Bupati R. Ham Pagawak, barulah hal itu diwujudkan sehingga menjadi yang pertama di Papua dan di seluruh Indonesia,” ujarnya.

 

 

Lebih lanjut dikatakan dia, grand desain Graha Pemilu secara nasional nantinya Pemda menyediakan lahan untuk di hibahkan ke penyelenggara negara (KPU RI dan Bawaslu), dan nantinya, KPU RI dan Bawaslu di semua tingkatan yang akan membangun sendiri Graha Pemilu di daerah masing – masing sesuai tingkatan.

 

“Graha Pemilu Kabupaten  Mamberamo Tengah sudah diresmikan langsung oleh Ketua KPU RI Juri Ardianto dan Ketua Bawaslu RI Prof. Muhammad pada Senin, 27 Maret 2017 lalu di Kobakma, ibukota Kabupaten Mamberamo Tengah, Provinsi Papua,” terangnya. (*)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...