Akses Jalan Festival Budaya Lembah Baliem Lewat Jagara

0
4
Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya Saat Meninjau Lokasi Jalan Di Kampung Wesakin Yang Terputus Akibat Abrasi Air Kali. (Ema)
Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya Saat Meninjau Lokasi Jalan Di Kampung Wesakin Yang Terputus Akibat Abrasi Air Kali. (Ema)

WAMENA (LINTAS PAPUA) – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, melalui Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya menegaskan, akses jalan menuju ke tempat pelaksanaan Festifal Budaya Lembah Baliem tetap melewati jalur  Kampung Jagara Distrik Welesi Kabupaten Jayawijaya.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua, SE.M.Si, Senin (7/8/2017) saat meninjau langsung jalan yang rusak akibat abrasi kali Uwenya di Kampung Wesakin Distrik Wouma Kabupaten Jayawijaya.

Dikatakan, akibat curah hujan yang begitu tinggi beberapa bulan terakhir, jalan yang menghubungkan Distrik Wouma dan Distrik Welesi terputus, sehingga jalur alternative yang paling aman ialah melalui Kampung Jagara.

Dijelaskan, jalan penghubung yang melalui Kampug Wesakin akan menjadi perhatian pemerintahKabupaten Jayawijaya untuk kedepannya akan diperbaiki, karena jalan tersebut merupakan jalur alternative yang menghubungkan distrik Wouma dan Distrik Welesi.

“Jalur ini juga akan menjadi jalur alternative dan kases utama, sehingga pemerintah Jayawijaya akan melihat ini dan memperbaiki jalur ini, dan kepada masyarakat saya harap kalau pemerintah buat bronjong jangan dihancurkan,” kata Wabup Jayawijaya.

Dijelaskannya, untuk pengerjaannya sendiri, pemerintah kabupaten Jayawijaya akan membuat talud dan membuat bronjong, sehingga dapat menahan arus air yang begitu deras.
Ditambahkan, untuk pembangunan jalan Wouma – Welesi akan dianggarkan dalam tahun 2018, begitu halnya pengerjaannya, namun untuk sementara pihak pemerintah akan berupaya menanggulangi dahulu agar dapat digunakan untuk akses menuju Distrik Welesi..(Ema)