PDI Perjuangan Akan Kirim 68 Calon Kepala Daerah ke DPP

0
6
Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, Edoardus Kaize, saat memberikan keterangan pers. (Rambat)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua, Edoardus Kaize mengungkapkan sebanyak 68 calon kepala daerah yang mendaftar ke PDI Perjuangan akan segera dikirim ke DPP PDI Perjuangan untuk proses selanjutnya.

“Jadi, totalnya sudah ada yang mendaftar sebanyak 68 calon kepala daerah, baik gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati,” kata Edoardus Kaize, akhir pekan kemarin.

Diakui, DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua telah selesai melakukan verifikasi berkas calon kepala daerah tersebut, pada 29 Juli 2017.

“Hasilnya sudah disiapkan dan akan segera diserahkan ke DPP PDI Perjuangan. Kemudian ada jadwal fit and propertest,” katanya.

Untuk calon gubernur, diakui Edoardus Kaize, terdapat 9 calon yang mendaftar dan telah dilakukan verifikasi berkas calon, termasuk 2 calon wakil gubernur. Sedangkan, sisanya sebanyak 57 calon bupati dan wakil bupati.

Untuk kader PDI Perjuangan yang mendaftar untuk mencalonkan diri sebagai kepala daerah, diakui cukup banyak, termasuk calon gubernur Jhon Wempi Wetipo.

“Untuk Jayawijaya ada 6 kader PDI Perjuangan yang mendaftar, Puncak ada 1 kader yang mendaftar, Deiyai ada 1 kader yang mendaftar, Mamberamo Tengah ada 1 kader yang mendaftar dan Biak ada 1 kader juga mendaftar,” kata Edoardus Kaize.

Lebih lanjut, untuk fit and propertest bagi calon gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati ini, akan dijadwalkan oleh DPP PDI Perjuangan.

“Jadi, kita mempersiapkan semua berkas mereka, yang dikurang dilengkapi, kemudian diverifikasi dan diserahkan ke DPP PDI Perjuagan,” katanya.
Yang jelas, pihaknya juga masih menunggu apakah DPP PDI Perjuangan menugaskan kembali DPD PDI Perjuangan Provinsi Papua untuk melakukan fit and propertest.

“Ya, kalau kita ditugaskan fit and propertest, ya kita siap. Kalau DPP yang gelar, ya kita juga siap,” ujarnya.
Yang jelas, imbuh Edoardus Kaize, sampai saat ini belum ada rekomendasi yang dikeluarkan untuk calon kepala daerah, karena semua proses penjaringan atau seleksi calon kepala daerah masih berjalan. (bat/ay/Sumber Koran Harian Pagi Papua)