Bupati dan Walikota Diimbau Siapkan Dana Dukung PAUD

66
Kepala Dinas Penddikan Papua, Elias Wonda (Erwin)
Kepala Dinas Pendidikan Papua, Elias Wonda (Erwin)

JAYAPURA (LINTAS  PAPUA) – Kepala Dinas Pendidikan Papua, Elias Wonda mengimbau Bupati dan Walikota di seluruh Papua agar mengalokasikan anggaran kedalam APBD, guna mendukung  pengembangan lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Lebih lebih khusus untuk wilayah pegunungan, Elias berharap pimpinan daerah setempat dapat menyiapkan anggaran untuk PAUD, sebab wilayah itu memiliki angka buta aksara tertinggi nusantara.

“Bagi kami pemerintah, PAUD merupakan generasi awal untuk membentuk pemuda dan pemudi Papua yang handal di tanah ini,” katanya.

“Makanya saya ingin mengimbau ada kepedulian pimpinan daerah. Lebih khusus juga kepada Ketua Tim Penggerak PKK selaku Bunda PAUD di Kabupaten/Kota, agar mampu mendorong pimpinan daerah dan SKPD terkait.Supaya bisa memaksimalkan pendanaan untuk PAUD,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Yulce W. Enembe yang juga Bunda PAUD Papua senada dengan hal itu. Pihaknya pun mengimbau Bupati dan Walikota untuk mulai mengembangkan sekolah PAUD terintegrasi dengan Posyandu yang telah ada di Kabupaten Lanny Jaya.

“Para Bupati dan Walikota saya harap bisa mengembangkan PAUD terintegrasi sekaligus Posyandu. Karena itu, kita apresiasi apa yang sudah dilakukan Bupati Lany Jaya Befa Jigibalon di wilayahnya. Saya harap ini bisa ditiru oleh kabupaten dan kota lainnya di Bumi Cenderawasih,” ajaknya.

Pada kesempatan itu, pihaknya  berharap agar bahasa ibu, dapat mulai digunakan sebagai pengantar di lembaga PAUD dan di kelas awal di SD maupun sekolah lain yang sederajat di Tanah Papua.

Ia pun mengimbau kepada pengurus Himpaudi maupun Dinas Pendidikan agar dapat terus memotivasi para pengajar PAUD,sehingga mampu mendidik anak menjadi lebih baik. (Erwin /Koran Harian Pagi Papua)