Wali Kota BTM Minta Kadistrik Arahkan 1023 RT/RW Ikut Lomba Kebersihan

0
4
Tampak Jalan Kotaraja - Abepura, dan beberapa titik lokasi jalan yang malam hari sering mengalami kegelapan akan dipasang lampu jalan. (Eveerth Joumilena /Koran Harian Pagi Papua)
Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM, saat diwawancara di lokasi Festival Teluk Humbolt di Pantai Hamadi, Kamis (3/8/2017). (Eveerth Joumilena/LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  – Masyarakat Kota Jayapura diajak untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia dengan memasang umbul – umbul dan memasang bendera Merah Putih, selain juga akan mengadakan lomba kebersihan tingkat Rukun Tetangga /Rukun Warga seluruh Kota Jayapura, yakni 1023  RT/RW.

“Jangan nanti Belanda main bola baru semua orang pasang bendera satu tiang sampai stengah tiang, jadi mari kita meriahkan HUT Kemerdekan Indonesia ke 72 tahun,  sekaligus saya akan buat lomba kebersihan,” ujar Wali Kota Jayapura, DR. Benhur Tomi Mano, MM., saat membawa sambutan dalam acara penyerahan bantuan  program Prospek Mandiri ke masyarakat di Distrik Jayapura Selatan, Jumat (4/8/2017).

Dikatakan,  sebanyak 1023 Rukun Tetangga dan Rukun Warga yang tersebar di Kota Jayapura akan mengikuti lomba , tentunya dengan kriteria yang mengatur,  sehingga juga menjadi perhatian bagi kepala distrik dan kepala kelurahan atau kampung untuk mengatur masyarakatnya mengikuti perlombaan tersebut.

“Saya minta kepala distrik dan kepala kelurahan untuk melihat RT/RW, walaupun saya berikan intensif Rp. 550 Ribu per triwulan, namun semua akan dievaluasi apakah perlu ditambah atau tidak dan kepala distrik dan lurah atau kampung harus pastikan warga mengikuti lomba, sebab jika tidak maka saya akan ganti semuanya,” jelasnya.

Tampak Jalan Kotaraja – Abepura, telah dipasang umbul – umbul dan bendera Merah Putih. (Eveerth /LintasPapua.com)

Dijelaskan, untuk mengikuti lomba ada tujuh criteria yang harus diikuti yakni Lingkungan bersih, lingkungan hijau, buku adminitrasi penduduk,( orang mati dan lahir harus didata jelas), harus ada pos siskamling, ada pelayanan PKK, ada pelayanan posyandu, harus punya seragam, demikian hal – hal ini harus diperhatikan untuk menjadi juara.

“Kita akan menilai di tingkat keluarahan kamping distrik dan kota, Yang menang adah luar baisa dan nyang kalah dapat sapu lidi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Distrik Jayapura Selatan, Djong H.W. Makanuay mengatakan, bahwa pihaknya dalam dua hari sejak 1 Agustus terus melakuan pemasangan umbul – umbul dalam rangka memerihakan HUT RI ke – 72 tahun .

 

“Sesuai dengan Edaran Wali Kota, maka sudah wajib bagi semua stakehooder, kantor dan took dari pemerintah kota hingga distrik dan kelurahan dan kampung, wajib memeriahkan,” ujar Kadistrik Jayapura Selatan, Djong H.W. Makanuay., saat ditemui sementara pemasangan umbul – umbul di wilayah Argapura, Rabu (2/8/207).

Kepala Distrik Jayapura Selatan, Djong H.W. Makanuay (Eveerth/LintasPapua.com)

Dikatakan, bahwa  sesuai dengan edaran, sehingga masyarakat wajib mengikuti dan kemeriahaan sudah harus terlihat sepanjang kota ini, karena mulai tanggal 1 – 31 Agustus harus terpasang.

“Untuk lomba telah disampaikan kepada lurah – lurah dan RT/RW agar bisa ambil bagian dalam lomba tanpa terkecuali smeuanya harus memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia melalui lomba,” tandasnya. (Eveerth Joumilena)