Sambut HUT RI, FPPNG dan Kadistrik Abepura Akan Tanam Pohon di Nafri

0
11
Kepala Distrik Abepura, Bobby Awi dan Ketua FPPNG, Fredy Wanda, dalam sebuah kesempatan usai kerja bakti membersihkan Abesauw (Eveerth Joumilena/LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) –  Moment kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 pada 17 Agustus 2017 mendatang ikut direspon oleh Forum Peduli Port Numbay Green (FPPNG) bersama Kepala Distrik Abepura, .

“Sedang kami siapkan, nantinya akan menggandeng Distrik Abepura dan Kodim 1701 Jayapura termasuk anak-anak sekolah,” kata Ketua FPPNG, Fredy Wanda kepada wartawan usai berdiskusi dengan Kepala Distrik Abepura, Bobby J.E Awi, S.STP.M,Si, di Kantor Distrik Abepura, Jumat (4/8/2017).

Sebagaimana dietahui Organisasi lingkungan FPPNG di Kota Jayapura ini berencana akan menyemarakkan HUT RI dengan melakukan kegiatan penanaman pohon di bukit depan tempat pembuangan sampah di sekitar Nafri.

Tak hanya penanaman pohon, konsep kegiatan yang dengan mengambil teman Green Kemerdekaan ini akan melakukan kirab bendera merah putih termasuk melakukan ziarah ke lokasi mantan pejuang NKRI asal Nafri, Eli Uyo.

Fredy Wanda menjelaskan, bahwa yang membuat kegiatan ini menarik adalah sebelum dilakukan penanaman nantinya peserta akan melakukan ziarah ke makam Eli Uyo. Almarhum disebut sebagai salah satu pejuang NKRI yang hampir dilupakan.

Kaka Fredy Wanda saat menanam pohon di Ketinggian Kota Jayapura. (Humas FPPNG)

“Almarhum-lah yang pertama kali mengibarkan bendera merah putih di Nafri ketika jaman perjuangan dulu,” tuturnya bercerita sejarah.

Dirinya mengakui, ingin mengenalkan kepada anak-anak sekolah bahwa dulunya ada masyarakat Nafri yang ikut berjuang untuk kemerdekaan Indonesia di Papua.

“Setelah melakukan ziarah, peserta akan berjalan kaki membawa bendera merah putih ke lokasi penanaman kemudian usai penanaman puluhan bendera akan dikibarkan,” katanya.

“Seperti dikirab dengan berjalan kaki dari Abe Pantai menuju Nafri,” imbuh Fredy.

Kepala Distrik Abepura, Bobby J.E Awi, S.STP.M,Si., saat diwawancara. (Eveerth/LintasPapua.com)

Sementara itu, Kepala Distrik Abepura, Bobby J.E Awi, S.STP.M,Si., merespon positif niat ini dan meminta masyarakat di Abe Pantai maupun Nafri untuk ikut terlibat.

“Ini hal positif yang selama ini sebenarnya hanya butuh digagas dan dilakukan, tapi itu yang sulit. Kami senang FPPNG mau menggagas ini dan kami siap mendukung,” ucapnya.

Penghijauan Hutan Port Numbay oleh FPPNG (Gamel / FPPNG)

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga mengajak masyarakat untuk memeriahkan semara kemerdekaan Indonesia, sesuai surat edaran Wali Kota, bahwa semua masyarakat harus memasang umbul – umbul dan bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan Indonesia ke 72 Tahun. (Eveerth Joumilena)