KPU Tetapkan Bupati dan Wakil Bupati Tolikara Terpilih

0
35
Siap Maju Membangun Tolikara, Pasangan Cabup – Cawabup, Usman G. Wanimbo, SE.M.Si dan Dinus Wanimbo, S.Sos (Foto Istimewa)
Siap Maju Membangun Tolikara, Pasangan Cabup – Cawabup, Usman G. Wanimbo, SE.M.Si dan Dinus Wanimbo, S.Sos, kini keduanya telah memenangkan psta demokrasi, (Foto Istimewa)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua, Adam Arisoy mengakui sudah melakukan pleno penetapan kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Tolikara, Usman Wanimbo – Dinus Wanimbo, Kamis (3/8) malam di salah satu hotel di Jl. Industri Raya Jakarta.

Adam Arisoy mengatakan, pihaknya sudah melengkapi pemberkasan kedua paslon Bupati terpilih tersebut, untuk diserahkan kepada DPRD Tolikara.

“Kami sudah lakukan pleno penetapan untuk pasangan Usman G Wanimbo – Dinus Wanimbo sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Tolikara periode 2017-2022,” katanya.

Lebih lanjut, KPU akan menyerahkan semua berkas pada pasangan calon, Bawaslu, pemerintah daerah dan partai politik. Ini semua akan dipersiapkan secara keseluruhan dan diserahkan kepada DPRD Tolikara.

Selanjutnya, setelah diserahkan ke DPRD Tolikara untuk diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Papua untuk proses pelantikan bupati terpilih.

“Senin minggu depan berkasnya akan kami serahkan,” ujarnya.

Soal pleno di Jakarta, Adam Arisoy menjelaskan karena kebetulan KPU, pasangan calon, Bawaslu serta pemerintah daerah Tolikara masih di Jakarta. Hal itu juga merujuk dari aturan dimana 3 hari setelah putusan MK, maka harus melakukan pleno penetapan calon terpilih.

“Nah kebetulan kami di Jakarta, maka karena ada kepentingan Pilkada, di MK dan lain-lain, sehingga kita melakukan pleno di Jakarta,” kata Adam Arisoy.

Dengan dilakukannya pleno penetapan dan pengusulan dari KPU, sambung Arisoy, maka tugas KPU sudah berakhir.
Ia berharap Bupati dan Wakil Bupati terpilih dapat merajut kembali persoalan yang selama ini terkotak kotak karena kepentingan suksesi kemarin, agar semua masyarakat dan stakeholder, pemda dan pihak keamanan dapat kembali bersatu membangun Tolikara. (Rambat /Koran Harian Pagi Papua)