Menteri Perhubungan Dukung  Pembangunan Terminal Entrop Senilai Rp. 30 Miliar

29
Menteri Perhubungan dan Wali Kota Jayapura, Saat Foto bersama. (Foto Harley )

JAYAPURA (LINTAS PAPUA)  –  Menteri Perhubungan RI, Ir. Budi Karya Sumadi menyetujui dana Rp. 30  miliar, kepada Pemerintah Kota Jayapura, untuk pembangunan terminal Entrop tipe A  yang akan di kucurkan secara bertahap.

 

Hal ini disetujui dan diampaikan menteri saat melakukan pertemuan terbatas dengan Wali Kota Jayapura, DR.Benhur Tomi Mano. MM.,  di kediamannya di Komplek   Mentri Widya Chandra, Jakarta, Senin (1/7/2017) kemarin.

 

Menteri Perhubungan,  Ir. Budi Karya Sumadi mengatakan,  bahwa Kota Jayapura  sebagai ibu kota Provinsi Papua, sangat penting untuk kita berikan perhatian.

Dirinya mengakui saat berdiskusi dan pak  Walikota menyatakan bahwa ada   kebutuhan untuk membangun terminal,  di mana Pemda sudah menyediakan tanah dan Pemda sudah bersedia untuk menyerahkan aset tersebut kepada pemerintah pusat dalam hal ini kepada kementrian Perhubungan RI.

 

dan pemerintah pusat sepakat untuk membangun terminal tersebut, dimana pembangunan tersebut  akan kita berikan dana untuk bangun dalam dua tahap yaitu tahab Pertama tahun  2018 sebesar 15 milyar  dan tahap ke dua ditahun 2019 juga 15 milyar. Sehingga pertengahan 2018 terminal tersebut sudah bisa bangun dan akan selesai di tahun 2019

 

“Dengan harapan pada saat PON 2020 terminal sudah harus selesai Sehingga  bisa melayani masyarakat,” harapnya.

Selain menyetujui dana Rp. 30 miliar, bagi pembangunan terminal Entrop  juga disampaikan kepada  Walikota bahwa  kita juga akan suport dengan memberikan 2 unit bus untuk Universitas cedrawasih  dan satu unit lagi kepada Sekolah Menengah Atas (SMA)  yang ada di perbatasan.

“Perhatian menteri ini agar supaya mahasiswa dan anak sekolah bisa mendapatkan fasilitas yang lebih baik dari sebelumnya,” katanya.

Mentri juga memberikan  apresiasi kepada Wali Kota Jayapura,  dan berkeyakinan,  agar  Wali Kota  bisa memberikan suatu pelayanan yang baik kepada masyarakat bersama dengan Kementerian perhubungan RI.

 

Sementara itu, Wali Kota Jayapua, DR. Benhur Tomi Mano, MM., mengatakan, bahwa untuk anggaran tersebut akan diberikan dalam dua tahap untuk tahap yang pertama akan dikucurkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan sebesar Rp. 15 miliar pada tahun 2018 dan   tahap kedua pada tahun 2019 sebesar Rp. 15 miliar.

“Sehingga total anggaran yang akan dikucurkan pemerintah pusat untuk pemerintah kota Jayapura, guna membangun Terminal Entrop tipe A tersebut sebesar Rp. 30 miliar,” Jelas Benhur Tomi Mano.

 

Dikatakan, bahwa terminal tersebut sudah diserahkan pemerintah pusat kepada pemerintah kota Jayapura Untuk itu kita inginkan transportasi darat harus menjadi angkutan unggulan dalam melayani masyarakat, untuk itu kita membutuhkan suatu upaya peningkatan daripada live  of service

 

“Live  of service maka terminal tersebut harus mendapatkan in come dan masing-masing bisa membayar  dan juga kita ingin agar ada kegiatan komersial Apakah itu warung toko tempat makan, agar terminal tersebut menghasilkan pendapatan dan pendapatan itu bisa membiayai perawatan dan pengelolaan Terminal itu sendiri,” ungkapnya. (*)