Pemuda Jayawijaya Diminta  Buat Terobosan Untuk Mama Pedagang

0
57
Pemuda KNPI Jayawijaya (Istimewa)
Sekretaris KNPI Papua, Sudin Rettob (tengah) bersama kedua perempuan yang ikut mensukseskan jalannya Musyawarah KNPI Jayawijaya. (Foto Pribadi SR)

WAMENA (LINTAS PAPUA) –  Ketua KNPI Provinsi Papua, Max Olua, melalui Sekretaris KNPI Provinsi Papua, Sudin Rettob berharap adanya peran serta pemuda Jayawijaya unntuk membuat terobosan baru bagi mama-mama asli pedagang di Jayawijaya.

“Berapa kali kegiatan di Wamena KNPI berkunjung ke Pasar, dan kami juga diskusi dan Tanya-tanya seputar kondisi mereka. Dan mereka alami ialah masalah transportasi,” ungkap Suddin belum lama ini di Wamena.

Dijelaskan, kita ketahui bersama bahwa pengelolaan pertanian masyarakat di Jayawijaya masih sangat tradisional, sehingga sangat penting pemerintah melihat hal ini sebagai hal perioritas.

Dikatakan, untuk hal ini peran pemuda sangat diperlukan bersama pemerintah setempat untuk memberikan terobosan baru bagi mama-mama asli Papua.

Pemuda KNPI Jayawijaya (Istimewa)

“Ini harus ada pendidikan dan pelatihan yang baik kepada mama-mama pedagang, terutama juga dapat memberikan kulbox atau pelayanan transportasi yang baik, agar hasil lahan mereka dapat bertahan dengan baik juga,” jelas Suddin.

Selain itu, Mall dan pengusaha yang ada di Jayawijaya dapat menjadikan mama-mama asli Papua sebagai mitra kerja untuk menyuplai bahan-bahan mentah yang ada di Jayawijaya.

Ditambahkan, sebagai pemuda yang aktif, dirinya berharap Pemuda Jayaiwjaya tidak usah memikirkan hal-hal dan persoalan yang terlalu besar, melainkan harus memikirkan persoalan yang ada di daerah, salah satunya ialah penanganan anak-anak Aibon yang semakin hari-semakin bertambah di Kabupaten Jayawijaya. (Ema)