PSU Yapen Berjalan Baik, Pasangan TOFAN Klaim Menang

Suasana awal perjalanan Demokrasi di Kepulauan Yapen, saat penetapan pasangan calon. (Tanati Foto /Istimewa)

SERUI  (LINTA PAPUA)  –  Hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kabupaten Kepulauan Yapen yang diselenggarakan pada Rabu (26/7) dan Kamis (27/7)  berjalan baik, selnajutnya akan diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

 

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua akhirnya menuntaskan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 7 Kelurahan Serui Jaya, Distrik Yapen Selatan, Kamis (27/7/2017), setelah ditunda karena petugas KPPS diduga bermasalah.

 

“Untuk pelaksanaan PSU di TPS 7 Kelurahan Serui Jaya, Distrik Yapen Selatan ini berlangsung dengan baik,” ujar Anggota Komisioner KPU Papua, Tarwinto..

Tarwinto menjelaskan, pasca dilaksanakan PSU di TPS 7, maka rekapitulasi tingkat PPD mulai dilaksanakan.

”Untuk rekapitulasi tingkat PPD mulai dilakukan dan mudah-mudahan pada tanggal 29 Juli sudah bisa dilaksanakan rekapitulasi tingkat kabupaten,”ujar Tarwinto, kemarin malam saat dikonfirmasi.

“Hasil pleno distrik akan kita bawa ke MK. Hasilmya nanti diputuskan MK. Jadi tidak ada pleno di KPU Papua lagi karena ini sudah menjadi ranah MK. Hal ini sesuai dengan keputusan MK,”katanya.

Pasanag TOFAN (Tanati Foto /Istimewa)

Lebih lanjut ujar Tarwinto, dari hasil pengamatanya selama pelaksanaan PSU di kabupaten Kepulauan Yapen berjalan aman dan lancar.

 

“ Walaupun memang ada satu TPS yang ditunda PSU. Saya melihat PSU di kabupaten Yapen tidak ada masalah, semua berjalan dengna aman dan lancar dan hasilnya akan kita bawa ke Jakarta,”tandasnya.

 

Tarwinto juga menilai bahwa secara umum pelaksanaan PSU Yapen berjalan lancar, olehkarena ini PSU maka tidak ada lagi pemilihan ulang. “Semua hasil pelaksanaan PSU Yapen akan kita laporkan ke MK,”terangnya.

 

Menurutnya, PSU di TPS 7 Kelurahan Serui Jaya yang kembali di ulang , Kamis (27/7/2017) kemarin, lanjut Tarwinto karena terjadi kesalahan prosedur di TPS. “Terjadi  kesalahan atau tidak berjalan sesuai dengan aturan. Terindikasi petugas melakukan pelanggaran. Sehingga KPU mengganti petugas PPS TPS 7 Kelurahan Serui Laut,” kata Tarwinto.

Sementara itu, dari data yang dihimpun di TPS 7 Kelurahan Serui Jaya, animo masyarakat yang mencoblos meningkat, dimana dari 633 surat suara, surat suara yang tidak terpakai hanya tersisa 67 lembar surat suara.

Pasangan Calon Bupati – Wakil Bupati TONNY TESAR dan FRANS SANADI, untuk periode 2017-2022. (Istimewa)

Di TPS 7 sendiri, pasangan Calon, Tonny Tesar –  Frans Sanadi (TOFAN) meraih 49 suara disusul pasangan Benyamin Arisoy-Nathan Bonay dengan 14 suara, sementara itu untuk pasangan Simon Atururi dan Isak Semuel Worabay meraih 2 suara, pasangan Melkianus L Doom-Saul Ayomi mendapat 2 suara.

 

Sedangkan Pasangan Calon n Yulianus Klemens Worumi-Zefanya Yewun dan paslon Marthen Kayoi dan Aser Paulus Yowei tidak tidak mendapatkan suara alias kosong.

Meskipun PSU di TPS 7 Kelurahan Serui Jaya baru dilaksanakan pada Kamis (27/7), karena alasan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang bermasalah, tetapi secara umum pelaksanaan PSU berjalan dengna baik.

“Bila dibandingkan saat pelaksanaan Pilkada serentak bulan Februari lalu. Jumlah yang mencoblos  saat PSU turun.  Saya melihat jumlah warga yang mencoblos saat Pilkada serentak.dan PSU, jumlahnya menurun. Bila saat Pilkada serentak  jumlah warga yang memilih kurang lebih 65.000 jiwa,”kata Bupati Kepulauan Yapen yang juga Petahana, Tony Tesar.

Kemudian, saat PSU dilaksanakan jumlahnya turun menjadi 45 ribu jiwa.”Kalau masyarakat tidak ke TPS itu karena minimnya sosialisasi yang dilakukan oleh pihak KPU, tetapi kami tetap mengapresiasi pihak KPU, kepolisian, TNI, kami juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Yapen yang bersedia datang ke TPS, untuk menyalurkan hak politiknya.

 

Dirinya juga menyampaikan, terima kasih kepada masyarakat yang masih memberikan dukungan kepada paslon TOFAN untuk melanjutkan pembangunan di  Kepulauan Yapen menuju nyaman maju dan sejahtera.

“Saya bukan mendahului KPU, dari berita yang disampaikan RRI Serui serta berdasarkan data yang dikumpulkan Tim pemenangan Tofan dari 16 distrik. Hasil sementara Pasangan kami unggul atau meraih suara terbanyak,” klaim Tony.

Meski begitu, dirinya juga mengajak seluruh masyarakat kabupaten Yapen agar lebih bersabar menunggu hasil pleno  KPU. “Mari kita jaga keamanan dilingkungan kita masing-masing,” tandasnya.  (*)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...