Dukung SDM, Mahasiswa Mamberamo Raya Terima Dana Rp. 3 Miliar Lebih

412
Penyerahan Dana Rp. 3. 997.000.000 dari Kepala Dinas Pendidikan Mamberamo Raya , Benediktus Amoiye, kepada Ketua Himpunan Mahasiswa MamRa, Amir Bilasi, SH., disaksikan Ketua LMA,T. L. Bisararisi dan semua yang hadir. (Eveerth/LintasPapua.com)

JAYAPURA (LINTAS PAPUA) – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mamberamo Raya, Benediktus Amoiye, S.Pd, M.Si., mengatakan penyerahan uang tunai senilai Rp. 3. 997.000.000 adalah untuk mendukung mahasiswa dalam sumber daya manusia dan dana ini untuk menyelesaikan studinya di Kota Jayapura.

“Badan Pengurus ini sudah lama terbentuk dan kami berikan kepercayaan untuk mereka tangani dan kami berikan, dan ini adalah tahap kedua,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mamberamo Raya, Benediktus Amoye, S.Pd, M.Si, di Abepura,

Dikatakan, bahwa dana bantuan dan penyerahan adalah perintah langsung dari Bupati Mamberamo Raya, bantuan ini adalah satu kali terima, namun pembayaran dua kali.

“Bantuan ini diperuntukan bagi mahasiswa studi akhir dan S2 dan S3, tahap pertama sudah dibayar dan saat ini tahap kedua,” jelasnya.

Sesuai data jumlah mahasiswa sebanyak 798 mahasiswa dan mahasiswa S3 dan S2 ada 17 mahasiswa.

“Hanya sekolah kedokteran dan pilot yang belum mendapatkan perhatian, namun S2 tetap menerima, karena bantuan tidak memangdang siapapun dna semua dibiayai dan kami yakin mereka kembali membangun daerah,” katanya.
Dana Bantuan secara total 11 miliar, D2, S1, S2, Rp. 7 Miliar, Study Akhir 3 miliar, dan S3 terima Rp. 400 juta, S1 dan S2 terima Rp. 20 juta.

Kepala Dinas Pendidikan Mamberamo Raya, Benediktus Amoiye, S.Pd, M.Si., saat memberikan arahan ditemani tokoh masyarakat.. (Eveerth/LintasPapua.com)

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas berharap pembagian dana studi dapat dibagi secara baik sesuai dengan data yang ada dari badan pengurus.
“Bantuan khusus bagi mahasiswa yang tinggal diluar asrama, jadi yang diasrama juga tersendiri,” katanya.

Sementara tu, Ketua Himpunan Mahasiswa Kabupaten Mamberamo Raya, Amir Bilasi, SH., menuturkan sanggup melaksanakan pekerjaan penyaluran bantuan pendidikan Kabupaten Mamberamo Raya dengan penuh tanggungjawab.

“Juga akan menyampaikan laporan pertanggunggungjawaban pelaksanaan kepada pemerintah daerah melalui dinas pendidikan dan apabila saya tidak melaksanakan sesuai pernyataan ini saya siap diproses hukum,” demikian ujar Amir Bilasi, saat membacakan pernyataan sebelum tanda tangan kwitansi serah terima dana yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan.

Suasana Mahasiswa Mamberamo Raya saat penyerahan bantuan tersebut. (Eveerth/LintasPapua.com)

Dalam kesempatan tersebut, disaksikan Ketua Tim Pembayaran, Menase Rumakewi, S.Pd., Ketua LMA AGW, T. L. Bisararisi, Komisi III DPRD Mamberamo Raya, Yosafat Kapitama, Komisi II DPRD Mamberamo Raya, Lukas Noida, Sekretaris LMA AGW, Yusup Indamarei, Tokoh Masyarakat Adat, Yonas Tasti dan Kepala Distrik Iwaso, Yohanes Meop.

Menutup pertemuan, Ketua LMA, T.L. Bisararisi berharap, bantuan yang diberikan diatur baik kepada siapa yang layak menerima dan harus sesuai data yang sudah ada karena administrasi penting untuk pertanggungjawaban.
“Kami orang tua dari LMA akan melakukan evaluasi juga, sehingga kami berharap semua bisa digunakan secara baik,” pesannya. (Eveerth Joumilena)