KPU Papua dan Forkompimda Jayapura Bahas Suksesnya PSU 9 Agustus

0
48
Tampak Ketua KPU Papua dalam suasana Pertemuan. (istimewa)

Tampak Ketua KPU Papua dalam suasana Pertemuan. (istimewa)
SENTANI (LINTAS PAPUA) – KPU Provinsi Papua bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kabupaten Jayapura, melakukan pertemuan guna membahas suksesnya pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Jayapura pada tanggal 9 Agustus 2017 mendatang.

Pertemuan yang digelar di Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (24/7/2017) malam lalu itu, dihadiri Ketua KPU Papua Adam Arisoi, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, M.Si, Kapolres Jayapura AKBP Gustav R. Urbinas, SH, S.IK, Dandim 1701/Jayapura Letkol Inf. Nova Ismailiyanto dan pihak terkait lainnya di wilayah tersebut.

Ketua KPU Papua, Adam Arisoi mengatakan, pelaksanaan PSU adalah hal yang tidak wajar terjadi di dalam Pemilu. Yang pada prinsipnya, tidak diinginkan oleh semua pihak.

Tapi, hal itu sudah terjadi. Maka tanggung jawab kita adalah melaksanakan PSU ini dan mensukseskannya, kata Adam Arisoi dalam sambutannya selaku Ketua KPU Papua yang mengambil alih pelaksanaan PSU Pilkada Kabupaten Jayapura dari KPU Kabupaten Jayapura yang dinonaktifkan sementara pasca putusan sidang DKPP RI.

Lanjut dikatakan Adam, karena putusan DKPP RI yang begitu banyak, sehingga pihaknya membuat catatan.

Dari catatan kami, yang perlu dilakukan saat ini untuk mensukseskan PSU, kita harus melakukan sosialisasi dengan memilah-milah daerah di wilayah Kabupaten Jayapura yang akan melaksanakan PSU, agar sosialisasi ini terarah, bebernya.

Artinya secara umum, kita akan menyampaikan sosialisasi ini melalui media cetak dan elektronik, juga akan menggunakan mobile hallo ke distrik dan kampung-kampung yang nantinya mengikuti PSU. Supaya pelaksanaan PSU pada 9 Agustus mendatang, masyarakat dapat hadir untuk memberikan hak suaranya, sambung Adam.
Terkait sosialisasi, dia mengungkapkan, pihaknya akan mendatangi kantor dari beberapa media, agar sosialisasi atau imbauan ini dapat disampaikan.

Yang jelas, sosialisasi ini harus secapatnya tersampaikan kepada masyarakat Kabupaten Jayapura. Supaya pelaksanaan PSU ini bisa berjalan dengan baik dan sukses, tegasnya.

Suasana Pertemuan.

Sementara itu, ditempat yang sama, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, mengucapkan, terima kasih atas kehadiran semua unsur pimpinan yang hadir dalam pertemuan ini, khususnya kepada Ketua KPU, Kapolres, Dandim dan pimpinan yang tidak bisa disebutkan namanya satu persatu.

Menurutnya, pertemuan ini sangat penting karena ada dua agenda penting yang akan dilakukan di bulan Agustus baik itu pelaksanaan PSU pada 9 Agustus dan pelaksanaan HUT Kemerdekaan Negara pada tanggal 17 Agustus mendatang.

“Sehingga saya mengucapkan terimakasih atas waktu dan dukungannya serta kesiapan dari semua pihak, ucapnya.
Walaupun, kita akan sangat disibukkan dengan dua agenda besar tadi, Namun saya optimis dan yakin, bahwa kita sanggup untuk mensukseskan dua agenda ini,” ucap Bupati Mathius.

Dirinya berharap, kedepannya komunikasi yang sudah dibangun saat ini tetap terjaga.

“Sehingga, pelaksanaan PSU dan hari Kemerdekaan negara kita bisa sukses, aman dan lancar,” tandasnya.

Senada dengan Mathius Awoitauw, Kapolres Jayapura, AKBP Gustav R. Urbinas, SH, S.IK, menyampaikan jika pihaknya siap, yakin dan optimis kalau pelaksanaan PSU, juga hari Kemerdekaan akan berjalan dengan baik dan lancar.

Tentunya, ini adalah suatu pekerjaan yang rumit. Tetapi, kami (Kepolisian) dan TNI akan bekerjasama untuk mensukseskan PSU dan juga hari kemerdekaan negara tersebut, tegasnya.

Dan kedepannya tugas kami dan TNI hanya untuk mengamankan sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua KPU. Terlebih, semua yang nantinya dilaksanakan KPU dalam hal ini palaksanaan PSU, akan kami dukung penuh dari segala bidang keamanan. Baik dari persiapan sampai nanti selesainya semua agenda Pilkada Kabupaten Jayapura, tuturnya. (Irf/Koran Harian Pagi Papua)